Select Page

SUARA AUDIO MOBIL IDAMAN SANG OWNER

SUARA AUDIO MOBIL IDAMAN SANG OWNER

SOUND MOTION – Menghadirkan sebuah konsep memang mudah, namun membuatnya berkarakter tidaklah gampang. Adalah Wandik installer dari Beta Audio yang sudah tidak diragukan lagi dengan keahliannya yang didukung pengalaman dalam melakukan treatment untuk mendapatkan suara yang indah dan tertata rapi. “Owner menginginkan suara dengan fokus karakter vocal yang kuat, dan tata panggung yang rapi. Itu adalah acuan saya untuk garapan audio mobil kali ini,” ucap Wandik selaku pungawa workshop Beta Audio, Malang.

Toyota Avanza
Head Unit Untuk Suara Yang Lebih Natural

Wandik mempertimbangkan banyak hal untuk pemilihan head unit sebagai alat pemutar suara yang berdasarkan kualitas dan simple saat pengoprasiannya. Itulah sebabnya Ia mempercayakan head unit single din asal Jepang Nakamichi CD500 sebagai alat pemutar suara. Pasalnya head unit ini dinilai baik untuk menghasilkan suara yang jernih dan natural.

head unit
Dalam keterangannya Wandik menjelaskan untuk mendukung performa head unit ini dalam memimpin melodi dari perangkat penyuara yang diaplikasikan, Ia juga menjejali dengan processor Cubig DSP PX1 untuk menghasilkan suara panggung yang jelas dan natural.

audio mobil audio mobil
Treatment Arahan Suara

Sebagai sentralitas suara audio mobil pada kabin depan adalah menghasilkan suara dengan dimensi yang luas. “Dibagian depan Saya fokuskan treatment umumnya konsep SQ dengan memperhatikan karakter dan detail suara audio mobil yang dihasilkan, jadi Saya buatkan pilar custom untuk 3Way dan angle on-axis. Supaya suaranya lebih merata dan akustiknya bisa dirasakan semua penumpang didalam,” ucap Wandik. Hasilnya Toyota Avanza yang telah terpasang audio mobil dengan konsep sound quality (SQ) berhasil menciptakan suara panggung yang apik sesuai selera sang owner.

audio mobil
Perangkat penyuara yang jejali ini menggunakan Tweeter TEC, Midrange Seas Excel 12CY001, Midbass Seas Excel 16NX. “Pada bagian midbass Saya coba mensiasatinya dengan treatment kick panel,” tambahnya.
Sementara pada bagian buritan kabin urusan gebukan bass yang depth dan rigit dibuatkan boks untuk subwoofer SB Acoustic 10 inch dengan ukuran 0,85 kubik. Jenis boks yang dibuatkan selaed yang dirasa cukup mampu mewakili suara low yang dihasilkan dari subwoofer dengan ukuran 10 inch dan sesuai dengan karakteristik dari kabin Avanza milik Jimmy.

4 Channel Duduki Buritan Kabin

Untuk mengimbangi keluaran suara, pemanfaatan amplifier 4 channel untuk mendrive keseluruhan perangkat penyuara yang digunakan. Amplifier yang digunakan melansir 4 channel Cubig dengan seri CA 4150 sebanyak dua unit. Masing-masing amplifier juga memiliki peranan yang berbeda, seperti satu amplifier bertugas mendrive tweeter dan juga midrange, satu lagi amplifier berperan mensupply tenaga bagi midbass dan juga subwoofer.

audio mobil audio mobil

Spesifikasi: Head Unit: Nakamichi CD500. Processor: Cubig DSP PX1. Speaker Depan: Tweeter TEC, Midrange Seas Excel 12CY001, Midbass Seas Excel 16NX. Subwoofer: SB Acoustic 10 inch. Power: 4 channel Cubig CA 4150 (2Unit). Capasitor: Morze. Kabel RCA: Deulund. Kabel Speaker: Eichmann. Kabel DC: Chord. Peredam: Cubig. ACCU: Stinger. Passive: Custom Mundrof Deulund
Owner: Jimmy. Installer: Wandik. Workshop: Beta Audio. Soundandmachine.com

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *