Select Page

KONSEP AUDIO MOBIL IDAMAN UNTUK SI BUAH HATI

KONSEP AUDIO MOBIL IDAMAN UNTUK SI BUAH HATI

SOUND MOTION – Dalam meracik sistem audio mobil dengan konsep car theater tentunya banyak yang harus diberikan perhatian extra cermat. Pasalnya dengan penggunaan perangkat aftermarket yang diaplikasikan dalam kabin. Seperti yang diaplikasikan pada sistem audio mobil Honda Jazz  yang mengalami perubahan untuk memuaskan keinginan Natania Velencia Kurniawan yang akrab disapa Chen Cia Cia yang berusia 5 tahun dalam menikmati musik dan juga film favoritnya.
“Karena awalnya menginginkan sistem audio mobil yang bisa dinikmati untuk karakter musik lembut untuk keseharian, ternyata bisa juga untuk mengapresiasikan hobi bernyanyi dan menonton film, terlebih lagi hal ini untuk anak yang berusia 5 tahun. Oleh karena itu, Saya bangun sistem car theater dengan sistem 5.1 dengan keseluruhan one brand yaitu Pioneer,” jelas Mulantono eksekutor workshop Simple Audioworkshop.

Audio Mobil

AUDIO MOBIL HONDA JAZZ

Duduki 5.1 Konsep

Pertama-tama, Honda Jazz milik Chen Cia Cia ini dibenamkan beberapa speaker agar tercipta konsep car theater. Namun tidak ekstrim agar tetap mempertahankan orisinalitas Interior mobil. Misalnya speaker depan diduduki oleh Pioneer TS 2PRS dan Agako 3 inch untuk dudukan tweeter dan midrange depan di-custom, dan midbassnya tetap diposisikan pada pintu.

Audio Mobil

AUDIO MOBIL HONDA JAZZ

Speaker

SPEAKER CENTER

Audio mobil

AUDIO MOBIL HONDA JAZZ

“Memang saya pertahankan bentuk orisinilnya, seperti dudukan tweeter dan midrange di-custom yang simple tapi tetap rigid. Untuk midbass, sebelum ditempatkan di pintu, saya bubuhi dulu dengan peredam sebanyak 1 lapis, sehingga menjadi kokoh dan mengurangi kebocoran suara dari panel pintu yang banyak rongga udara. Dampaknya, suara vocal bisa terdengar jelas dan tegas,” terang Mul sapaan akrab installer Simple Audioworkshop.
Lalu untuk menghadirkan suasana bioskop di Honda Jazz berkelir putih ini, sang installer menyematkan center speaker Pioneer TSC X980 di dashboard, juga speaker Pioneer Satelit Surround di belakang yang juga diberikan custom pilar D. “Jadi efek surround dan 3 dimensi bisa didapat saat nonton film,” ungkap Mulantono.

Suara Rapi Dengan Tatanan Processor

Untuk merapihkan suara audio mobil, Mulantono juga mengandalkan processor eksternal dari Pioneer yang terhubung dengan kabel optik. “Kabel optik ini memang sangat mempengaruhi suara, jadi nyaman didengarnya. Sedangkan processor eksternal membantu menata panggung maupun akurasi suara yang tepat dari fitur time correction dan equalizer,” paparnya.

Pionner

PIONEER AMPLIFIER

Andalkan Head Unit Multimedia

Sebagai sentralitas suara audio mobil, digunakan Pioneer AVH 6050 DVD yang sudah memiliki segudang fitur multimedia. ”Head unit ini bisa terkoneksi dengan gadged, jadi untuk memutar film maupun lagu bisa langsung dari smartphone, meskipun fitur USB dan CD juga dapat digunakan. Canggih kan?” tuturnya.

monitor

MONITOR HEADREST HONDA JAZZ

Head Unit

HEAD UNIT HONDA JAZZ

Siasati Boks Sealed dan Usung 2 Amplifier

Suara bass haruslah sepadan. Uniknya, meski Honda Jazz memiliki ruang yang sempit di bagasi, tidak mengurungkan niat installer untuk menyematkan 1 unit subwoofer Pioneer 12 inch. “Saya akali dengan penggunaan boks sealed, jadi tidak membutuhkan volume yang besar. Boksnya 30 liter dan didalamnya dipadati dengan glasswool, jadi suara bass terdengar empuk,” imbuh Mulantono.

Audio mobil

AUDIO MOBIL HONDA JAZZ

Sementara untuk suplay daya, installer mengandalkan 2 unit power Pioneer. “Satu power 4-channel untuk speaker depan dan belakang, 1 lagi power monoblock untuk subwoofer. Kalo center speaker disuplay dari power internal di processor Pioneer. Agar suplay daya tetap stabil, saya tambahkan capasitor bank,” jelas Mulantono.

Spesifikasi: Head Unit: Pioneer AVH 6050 DVD. Processor: Pioneer DEQ P7650. Speaker Center: Pioneer TSC X980. Speaker Depan: Pioneer TS 2PRS. Agako 3 inch. Speaker Belakang: Pioneer Satelit Suround (2 Set). Amplifier: Pioneer GM-6300F 4Channel (1 Unit). Pioneer GM-D7400 Monoblock (1 Unit). Subwoofer: Pioneer TSW 10 inch (1 Unit). Kabel-kabel: Dominations Virtuoso. Peredam: Chekmatt, Visel, dan StP Silver.

Owner: Natania Velencia Kurniawan / Chen Cia Cia. Installer: Mulantono. Workshop: Simple Audioworkshop. Soundandmachine.com

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *