Select Page

TALK ABOUT SKILL

TALK ABOUT SKILL

Tanpa perlu banyak modifikasi mobil di lini mesin, cukup convert mesin dari DOHC 24 valve ke SOHC 12 valve, prestasi 3 besar balap touring tetap sanggup diraih berkali-kali.

8Performa mesin Mercedez Benz 300 CE ini rupanya masih dipercaya sepenuhnya oleh Iyus, selaku ownernya yang punya hobi balap ini. Untuk menyalurkan hobinya tersebut, balap touring adalah jalan pilihan Iyus. Bekerjasama dengan bengkel Maze yang punya markas di bilangan Serpong, Tangerang, Mercy 300 CE digarap agar performa luar dalamnya sesuai untuk kebutuhan balap touring.

7

6
Kemewahan interior Mercy langsung hilang seketika dan berubah menjadi kokpit mobil balap dengan satu jok racing untuk pembalap saja. Roll bar 6 titik custom tertanam dengan rigid untuk memenuhi salah satu syarat keamanan mobil balap. Performa sistem suspensi juga dimaksimalkan dengan cara custom (non-coilover) untuk memperoleh handling yang lebih responsif dan stabil.
Merunut pada regulasi balap touring,dimana lampu dan kaca harus tetap orisinil dan berfungsi normal, tampilan luar tetap terlihat original look, bodi hanya dipermanis dengan balutan cutting sticker nama tim, yaitu Murano dan SSR Team.\

3

DOHC 24 Valve to SOHC 12 Valve

Pada lini mesin, bawaan asli mesin berspek DOHC 24 katup sudah dipensiunkan dan diganti dengan mesin dari Mercy seri lain dengan spek SOHC 12 katup. “Karena kebutuhan spek teknis balap, maka dari mesin sampe final gear diganti dengan 300CE mesin M103, yang punya spesifikasi SOHC ” jelas Iyus, sang owner yang juga sekaligus selaku pembalapnya.
Dengan mesin tersebut performanya menjadi lebih sesuai, namun untuk lebih mengoptimalkan tenaganya lebih responsif, blok head diubah dengan melakukan porting and polish. Selain itu kompresi mesin sedikit dinaikkan menggunakan head gasket alias paking yang lebih tipis. “Paking dibuat custom dari plat alumunium copper yang ketebalannya turun 50% dari paking standar, jadi kompresi mesin dari 9.2 : 1 naik menjadi 10.5 : 1,” tambahnya.

4

10
Sistem suplai udara ke mesin juga sudah ditambahkan dengan Forced Air Induction agar nafas mesin lebih panjang dan pembakaran lebih sempurna untuk kebutuhan balap. Dengan sedikit ubahan tersebut, batas maksimal (red line) rpm mesin menjadi di angka 9500 rpm.

9
Soal hasil dilapangan, Mercy ini pun beberapa kali menorehkan prestasi balap touring khusus mobil lansiran Eropa di sirkuit Sentul yang pernah digelar tahun lalu, dengan 2 kali meraih gelar juara 3 di event Europe Touring Car Championship (Euro 3000 C1). “Rencana tahun 2015 ini ingin berpartisipasi dalam event yang sama,” tutupnya.

11

12

Spesifikasi :
Mesin : 300E M103. Gearbox : Standard 300E (1987).Engine Head Block : Custom Ported. All Engine Bearing : Custom with lub oil groove (journal and rod bearing) ex Glico Germany. Air Supply : Standard with additional forced air induction. Suspension System : Custom (non Coilover). Rollbar : custom 6 point

Prestasi Balap :
• Europe Touring Car Championship (Euro 3000 C1) Juara 3 : 15 – 17 Agustus 2014
• Europe Touring Car Championship (Euro 3000 C1) Juara 3 : 17 – 19 Oktober 2014
• Juara Umum Mercedes Benz Club Indonesia – Race Championship (B5 Class – 3200cc) 2012 (memakai mesin M104).

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *