Select Page

APIK DALAM TATANAN SUARA

APIK DALAM TATANAN SUARA

Sistem audio mobil sederhana secara penampilan terbayar dengan suara yang sangat khas yang sesuai dengan apa yang diinginkan.

Soundmotion – Ubahan sistem audio mobil oleh Aris selaku pemilik Honda Jazz keliran putih ini memberikan kesan yang sangat mendalam. Pasalnya, ubahan seperti ini memang sudah lama diinginkan. Acien selaku punggawa workshop Gema Audio menjadi pilihan Aris dalam meracik sistem audio mobilnya pun tidak tunggu lama untuk penanganannya.

head unit

3 Way Hara Wood

Untuk menghasilkan suara agar sesuai dengan apa yang diinginkan Aris, Acien memperkenalkannya pada perangkat penyuara lebelan Crescendo Hara Wood 3 Way sistem. Dengan mengkomposisikan racikan arahan dan juga boks bagi 3 way menjadikan suara audio mobil yang dihasilkan sangat baik.

speaker

Ditambah lagi dengan material pada perangkat penyuara terbilang cukup unik. “Arahan dari speaker depan memang Saya buatkan on-axis dengan rekomendasi dari componen speaker yang digunakan,” ungkap Acien. Sedangkan sentuhan pada midbass masih mengandalkan konsol original dari doortrim Honda Jazz.
Sebagai bermainnya format musik dan menambah warna suara yang lebih diinginkan Aris mengusung head unit dan processor lebelan Alpine. “Untuk head unit Saya percayakan Alpine 520 dan processor dijejali dengan Alpine PXA 100,” tutur Acien.

audio mobil

Settingan yang dilakukan Acien diakui lebih mudah dengan menggunakan processor ini, “settingan Saya lakukan pada processor dengan meng-cutting frequency tweeter dan midrange pakai pasif pot di 415 Hz, sedangkan midbass di 63-315 Hz dan subwoofer 50 Hz,” jelas Acien.

amplifier

Dari keseluruhan perangkat yang dijelali pada Jazz Aris ini tentunya tidak lepas dari langkah awal yaitu dengan membaluri keseluruhan sektoral Jazz dengan peredam Automett. “Untuk peredaman memang Saya berikan keseluruh body mobil, karena noise yang sedikit akam mengganggu memaksimalkan keseluruhan perangkat,” tambah Acien.

Pilihan 2 Amplifier dan Subwoofer Tepat

Untuk mengoptimalkan keseluruhan perangkat penyuara yang terbenam dalam sistem audio mobil Jazz Aris ini, Acien cukup mengandalkan 2 jenis amplifier yaitu Genesis 4 channel dan Rockford T1000. Masing-masing amplifier tentunya memiliki kinerja yang berbeda pula, seperti Genenis untuk mendrive perangkat penyuara yang berada didepan kabin. Sementara, satu amplifier Rockford bertugas mengoptimalkan kinerja dari 2 unit subwoofer 12 inch yang berada di buritan kabin Jazz.

06

Agar suara bass yang diinginkan bisa terkontrol dengan baik, maka peranan yang baik juga diberikan pada jenis boks yang menjadi tempat bersarangnya subwoofer. Dengan mengandalkan boks jenis sealed dengan ukuran kubikasi 0,8 cu/ft. Suara bass yang dihasilkan pun bisa lebih depth dan worm pada Jazz. – Soundandmachine.com

04

Spesifikasi:
– Head Unit: Alpine 520 – Processor: Alpine PXA 100 – Speaker Depan: Crescendo Hara Wood 3 Way (1Set) – Amplifier:  o Amplifier Genesis 4 Channel (1Unit) o Amplifier Rockford T1000 (1Unit) – Subwoofer: Rockford RF P2 (2Unit) – Kabel: Harmonic Harmony – Peredam: Automatt

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *