Select Page

KUALITAS SUARA AUDIO MOBIL BIKIN BETAH DI KABIN XENIA

KUALITAS SUARA AUDIO MOBIL BIKIN BETAH DI KABIN XENIA

Menghasilkan suara berkualitas sepertinya menjadi keinginan utama dari Daniel sang pemilik mobil Daihatsu Xenia berwarna silver ini. Konsep SQ yang diemban pada audio mobil Daihatsu Xenia milik Daniel yang juga sebagai owner gerai Cipta Sonic Audio (CSA) ini bisa dikatakan enak di dengar di telinga.interior daihatsu Instalasi yang mendukung pada perangkat audio mobil membuat kita enggan beranjak dari dalam kabin mobil tersebut. Rangkaian perangkat audio mobil aftermarket yang dijejali oleh Daniel sang installer dari CSA nampaknya memberikan hasil yang baik dalam menghasilkan suara.

Sentralitas Gunakan 2 Source

Karena mobil ini diperuntukkan harian dan juga kontes, maka untuk head unit menggunakan 2 unit yang berbeda yaitu Alpine DEC-150 single din untuk kontes dan Sony XAV-742 double din untuk harian. Head unit ini keduanya berperan penting sebagai kontrol suara menggunakan ditambah dengan 1 buah prosesor VOX ProSix yang diletakan di bagian bawah bagasi pada kabin belakang.head unit
“ Tujuan menggunakan prosesor agar suara audio mobil yang dihasilkan lebih dominan terdengar ditelinga,” ucap Daniel. Sedangkan instalasi yang di gunakan untuk speaker 3way yang berada pada kabin depan di suplai arus dari power 4 chanel berlabel Gramond MLT 4.100.S2 yang arusnya dialirkan menggunakan kabel speaker dari VOX.speaker
Rangkaian speaker 3way pada kabin depan, dengan menggunakan merek Gramond R1 pada tweeter alasan Daniel memilihnya yakni dapat menyemburkan suara vocal yang bertenaga. Tweeter dan juga midrange yang disematkan pada pilar A custom boks yang terbuat dari bahan fiber, agar dudukannya dapat sekuat mungkin. Ditambah balutan dari bahan kulit sintetic agar pilar terlihat lebih enak dipandang.
Serta posisi midbass Gramond R1 yang dipasang pada dudukan doortrim dengan menggunakan boks tambahan dari bahan fiber yang ditempelkan pada doortrim.

subwoofer gramondPenempatan boks midbass juga dibuat se-efisien mungkin tanpa merusak doortrim sendiri.

Tanpa Power Monoblock

Pada instalasi audio mobil milik Daniel ini tidak menggunakan power monoblock semua menggunakan 2 unit amplifier Gramond MLT 4.100.S2 4 channel. Seperti suplai tenaga untuk subwoofer dan juga midbass Daniel menginstallnya dengan tenaga power 4 chanel yang settingan midbass bermain aktif. Dari amplifier 4 channel Gramond MLT 4.100.S2 itu Daniel juga untuk suplai tenaga kebagian tweeter dan juga midrange. Untuk penempatan kedua power itu disimpan pada bagian belakang mobil tersebut.audio mobil
“Memang rangkaian audio mobil yang terdapat pada kabin belakang di tata dengan sedemikian rupa agar fungsi bagasinya tidak terusik,” ucap Daniel. Selanjutnya pada kabin belakang terdapat 1 buah prosesor yang disembunyikan di bagian bagasi ban serep alasan peletakan prosesor disembunyikan dibagian bawah bagasi agar meminimalisir tempat.
Selain itu untuk peredaman hanya membalut pada doortrim pintu dan dasar dengan menggunakan peredam Automatt Aspal, sedangkan untuk bagian plafon menggunakan Harmonic Drive Alumunium.

Spesifikasi audio mobil :
• Head Unit:
o Alpine DEC-150 single din (Kontest)
o Sony XAV-742 double din (Harian)
• Processor: VOX ProSix
• Front Speaker: Gramond R1 3way
• Amplifier: Gramond MLT 4.100.S2 (2 Unit)
• Subwoofer: Gramond S10 10inch (1 Unit)
• Wiring:
o Speaker VOX
o RCA Mogami dan XLO
• Sound Damping: Automatt Aspal dan Harmonic Drive Alumunium

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *