Select Page

JURUS JITU MENGGAPAI AUDIO MOBIL SQ

JURUS JITU MENGGAPAI AUDIO MOBIL SQ

Perpaduan audio mobil antara sistem 3 way yang dikawinkan dengan pilar sleeping midrange ternyata menjadi jurus jitu untuk meracuni telinga si penikmat suara yang mendengarnya.

audio mobilBasis kendaraan yang dipakai untuk sistem audio mobil SQ ini memang nyentrik dilihat. Berlabel Cherokee berkelir hijau army ternyata menyimpan sistem audio mobil SQ murni. Karena Mr. X ini menyukai musik-musik lawas yang terdengar lebih intelektual dan berbobot soal kualitas musiknya. Makanya Harten installer dari gerai Audio Tones harus memutar otak, agar dapat menyajikan suara audio mobil yang mempunyai suara tegas dan tonal balanced dengan point tinggi.

Pilar Pikat 2 Way

Yang menarik jadi perbincangan adalah metode ruang akustik dalam meramu suara audio mobil ini, Harten begitu serius menggarapnya yakni posisi dari susunan speaker 2 way dari Eton Pro 170. Dimana posisi pilar dibuatkan custom dimana tempat bersarangnya tweeter sebagai arahan off axis dengan posisi 140-180 derajat diatas dashboard.speaker
Menurut Harten sistem audio mobil yang dibuatnya ini bertujuan agar suara pada tweeter lebih nyambung, dan tak ada yang bertabrakan frekuensinya. Tambah Harten juga agar bisa mendapatkan phase yang pas bisa didapatkan staging yang bagus. Selain itu metode pilar seperti ini juga berefek pada kesan panggung yang lebih luas dan lebar untuk left, center and right imaging. Ini dia jurus jitu dalam menggapai audio mobil sq.

Processor Mosconi 4to6

Sebagai source suara Harten memilih head unit single Din lebelan Clarion CZ702A, selain mumpuni akan fitur multimedianya menurut Harten built in EQ yang ada turut membantu dalam hal setting frekuensi dengan benar. Ditambah lagi Processor dari Mosconi 4to6, tujuannya agar suara lebih mudah diatur dalam hal tiap lini frekuensinya. Enaknya lagi processor yang dipakai ini sudah sangat familiar bagi Harten.

head unitmosconi

Midbass Fokus Pada Titik Suara

Dimulai dari posisi midbass, Harten membuatnya dengan posisi angled tetapi fokus pada titik suara, yang dilanjutkan ke telinga manusia. “Midbass dibuat sejajar dengan tweeter supaya suara yang sampai ke telinga lebih fokus” ungkap Harten. Untuk setingan Harten memotong frekuensi bawah pada kisaran HPF 100 Hz, tujuannya agar suara midbass bisa nyambung dan membantu suara subwoofer terdengar ke depan.

Gunakan 2 Subwoofer 8 Inch

Dibagian subwoofer Harten mengandalkan 2 unit subwoofer audio mobil 8 inch dari Venom VI8W. Dimana box berkubikasi 0,9cu/ft berjenis sealed dari bahan MDF dilakukan sebagai sarang subwoofer untuk masing-masingnya. Namun ada perlakuan khusus pada subwoofer yang dibuat oleh Harten yakni, penempatan subwoofer sengaja ditempatkan dibuat pada sisi kanan dan kiri buritann kabin Cherokee. Tujuannya agar karakter suara bass lebih halus dan tak sangar didengar.

venom

Sumber Arus Dari Venom

Sumber arus untuk subwoofer didapat dari power Venom Intelligen VI500.1D untuk kapasitas masing-masing subwoofer. Sedangkan untuk front speaker dipercayakan dari 4 channel Venom Intelligen VI100.4D, dengan mempercayakan sistem bi amp atau aktif model. Dimana 1 kanal arus yang ada untuk kebutuhan 1 driver speaker seperti tweeter,midbass, dan rear speaker coaxial. Namun demi membuat suaranya makin bertonal accuracy lebih baik dan cutting frekuensi seimbang antar tiap lini driver, Harten membuatkan passive custom.venomSpesifikasi audio mobil :
• Head Unit: Clarion CZ702A
• Processor: Mosconi 4to6
• Front Speaker: Eton Pro 170
• Rear Speaker: Venom Black Coaxial
• Amplifier:
o Venom Intelligen VI100.4D
o Venom Intelligen VI500.1D (2 Unit)
• Subwoofer: Venom VI8W
• Wiring: full Flux
• Sound Damping: STP Vizomat

Warehouse: Audio Tones
Owner: Mr. X

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *