Select Page

MODIFIKASI MESIN ALTIS – BREAK THE LIMIT

MODIFIKASI MESIN ALTIS – BREAK THE LIMIT

Modifikasi mesin Toyota Altis bisa mencapai tenaga 363.4 hp on wheel walaupun mengandalkan transmisi otomatis bawaan mobil.

modifikasi toyota altisPada awalnya Ardi berniat untuk menjual Toyota Altis XSR 2.0 berkelir orange xirallic miliknya ini, tapi setelah mengetahui harga jual yang jatuh, ya gak jadi dijual deh.. Sebagai obat untuk menghilangkan rasa bosan pada tunggangan yang dirasa performa mesin masih kurang greget, Ardi memilih untuk melakukan modifikasi yang fokus di sektor mesin.

Bengkel Cockpit Autowork yang sudah lama jadi kepercayaan Ardi untuk urusan modifikasi mesin pun langsung menyambut niatannya tersebut. Tapi pertama yang dilakukan Ardi adalah langsung memesan sendiri beberapa parts modifikasi aftermarket yang sesuai untuk Toyota Altis versi USDM miliknya ini, ada yang pesan dari USA dan juga Thailand.

Full Engine Upgrade

Konsep modifikasi yang diusung Ardi untuk tunggangannya ini adalah full upgrade, karena targetnya ingin hasil yang benar-benar maksimal. Beberapa komponen internal mesin pun diganti untuk memperkuat performa dasar mesin. Piston Brian Crower low compression sudah terjejali untuk penyesuaian terhadap aplikasi turbocharger Garret GTX3076.

turbo intake
Di internal head block, Senas mekanik dari Cockpit Autowork sudah memasangkan parts yang juga dari lansiran Brian Crower, mulai dari camshaft hingga valve kit. Di jalur suplai bahan bakar sudah diperkuat dengan injector Bosch 1000 cc, Wallbro fuel pump dan fuel rail hasil custom Cockpit. Sebagai cara untuk memaksimalkan dan menjaga kinerja turbo, Senas membuatkan piping dan intercooler custom, bahkan hingga ke radiatornya.turbo intercooler

Automatic Transmission Reinforcement

Mengingat transmisi otomatis bawaan mobil tetap dipertahankan, Ardi memperkuat bagian transmisi dengan menggunakan Transgo automatic transmission kit. Tidak hanya itu, transmisi otomatisnya juga diberikan tambahan perangkat pendingin menggunakan HKS automatic transmission cooler dan ditambahkan lagi dengan HKS oil cooler. Dengan begitu suhu transmisi dapat terjaga dengan baik.

Tapi untuk bagian koplingnya masih tetap mempercayakan kopling bawaan mesin. Alhasil lonjakan tenaga mesin mampu diterima bagian transmisi dengan baik sehingga dapat meminimalkan kerusakan.

ECU Stand Alone Install

Mendapat modifikasi spesifikasi mesin yang sangat banyak, peranan ECU standar sudah tergantikan dengan ECU HKS F-Con V-Pro. Tapi sebelumnya Ardi sempat menggunakan piggyback HKS F-Con IS, tetapi modifikasi mesin masih dirasa kurang bertenaga. Perubahan antara menggunakan piggyback dan ECU stand alone cukup signifikan setelah melihat dari hasil dyno test yang dilakukan di bengkel Racetech dengan bantuan Leon sebagai tunernya.turbo timerSaat pakai piggyback HKS F-Con IS, tenaga mesin yang dihasilkan mencapai 260 horse power on wheel, tapi setelah menggunakan ECU stand alone HKS F-Con V-Pro tenaga langsung melonjak menjadi 363.4 horse power on wheel pada 5700 rpm dan torsi 347.9 ft-lbs di 5400 rpm.. “Settingannya dibuat 2 map, boost 0.7 bar untuk harian itu hpnya 220 dan boost 1 bar untuk balap hpnya 363.4,” terang Ardi, mengakhiri sesi wawancara.

mufflervelgSpesifikasi :
Mesin : ECU Stand Alone HKS F-Con V-pro. Piston Low Com Brian Crower. Connecting Rod Brian Crower. Camshaft Brian Crower. Valve Kit Brian Crower. Turbocharger Garret GTX3076. Blow-Off HKS. Turbosmart External Wastegate Ultra Gate 38. Boost Control HKS EVC 5. Turbo Timer HKS Type 0. Intercooler Custom Cockpit. Radiator Custom Cockpit. Turbo Piping Custom Cockpit. Turbosmart FRP 800 Fuel Pressure Regulator. Wallbro Fuel Pump C420lph/500hp. Injector Bosch 1000 cc. Fuel Rail Custom Cockpit. HKS Silicon Hose 6 mm & 8 mm. Oil Tank Braided Hose. Braided Goodright. Transgo Automatic Transmission Kit. BMS Oil Catchtank. Billion Thermoclotch. Oil Cooler HKS. Matic Cooler HKS. HKS Muffler.

Modifikasi Kaki-Kaki : Coilover Suspension Tanabe. Project µ 4 Pot Brake Caliper. Tyres Michelin. Rims SSR Type F

Modifikasi Interior : Custom Carbon Fiber Dashboard. Custom Carbon Fiber Panel. Bride Low Max Bucket Seat

Modifikasi Eksterior : Orange Xirallic Paint. Custom Carbon Fiber Engine Hood. Custom Carbon Fiber Lips Bumper. Custom Carbon Fiber Side Skirt. Custom Carbon Fiber Ducktail

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *