Select Page

FORTUNER VENOM OPTIMALKAN DEKORASI BOKS CUSTOM

FORTUNER VENOM OPTIMALKAN DEKORASI BOKS CUSTOM

Menghadirkan hiburan yang apik bergenre SQL (Sound Quality Loud) pada mobil Toyota Fortuner bukan pekara mudah. Tantangan utama adalah menyiasati ruang pada mobil ini bisa optimal menyemburkan suara yang seimbang dan gebukan bass yang kencang.
 “Mobil ini memiliki kabin yang lumayan besar, apalagi untuk mengusung konsep SQL. Sehingga untuk menyiasatinya kami mendekorasi boks sebaik mungkin untuk bisa dijejali dengan beragam perangkat sistem pendukung yang akan tertata,” ungkap Tonny Wijaya selaku modifikator mobil modifikasi Toyota Fortuner.

venom
“Sementara, poin utama adalah mengejar akurasi suara, pasalnya untuk membuat gebukan bass kencang volume boks harus besar, ubahan dari konstruksi sebelumnya sehingga boks-nya kami sesuaikan dengan ruang bagasi mobil,” tambahnya.

head unit

Sebagai langkah awal proses instalasi mobil Toyota Fortuner yaitu melumuri beberapa bagian mobil dengan peredam. Hal itu berguna agar body semakin rigid. ”Sehingga getaran yang muncul tidak terlalu mempengaruhi body, karena apabila getaran berlebihan akan berpengaruh pada suara yang dihasilkan,” cetus Tonny yang juga punggawa dari workshop Baz Auto Focus (BAF).

Tata Ulang Speaker

Mengusung konsep SQL, Tonny menjejalinya dengan perangkat aftermarket Venom untuk keseluruhannya. Front speaker difokuskan dengan menambah 3 way dengan komposisi Tweeter Venom VI 2.5CT, Midrange Venom VI 3M, dan Midbass Venom VI 6.3, serta dua set speaker di kabin belakang. Namun, dalam meningkatkan kinerja tiap driver dibuat racikan khusus.

speaker venom
”Pilar custom kami menggunakan bahan dakron, sehingga driver yang bercokol di atas dasboard memiliki ruangan yang besar. Sedangkan midbass di pintu kami bubuhkan peredam agar pintu bisa menyerupai boks serta mengurangi kebocoran suara dari banyaknya rongga udara di pintu,” imbuh Tonny.

speaker venom
“Sedangkan untuk speaker belakang kami menggunakan Venom Intelligent VI 2.5 CT, Venom VX 6 SII, Venom VX 4HT Horn, dan Venom Intelligent VI 6.3 SII dengan komposisi ditambah dua set tweeter dan satu set horn tweeter untuk membantu supaya suara high-nya bisa lebih ‘live’,” ungkap pengalaman Tonny intaller dengan perawakan humoris.

Siasati Boks Subwoofer

Ruang bagasi Toyota Fortuner yang cukup besar, pembuatan dioptimalkan dengan dekorasi boks custom agar gebukan dari subwoofer Venom bisa menghasilkan output desibel (dB) yang tinggi. ”Karena bagasi lapang volume boks kami eksperimen lebih besar dari rekomendasi pabrik, ditambah lagi dengan tuning port sehingga menghasilkan gebukan bass lebih kencang,” ujar pria asal kota Purbalingga, Jawa Tengah.

Audio-mobil-Venom

Sematkan Lima Power Amplifier

Menjejali banyaknya speaker didukung melalui penambahan lima unit power amplifier berbeda kanal, sehingga tiap driver bekerja optimal menghadirkan suara yang apik dan gebukan bass yang kencang. Satu power Venom Black 475 BII 4 channel untuk sokong keseluuruhan speaker depan, satu amplifier Venom Black 475 BII lainnya bertugas mendrive tweeter dan juga horn tweeter yang bertengger pada buritan kabin.

Venom PandoraVenom-Audio
Sementara, satu amplifier Venom Intelligent VI 150.4 bertugas mengoptimalkan kinerja dari dua set midbass pada buritan Fortuner. Lalu, dua unit power monoblok untuk sokong empat unit subwoofer dan dua unit power empat channel untuk sokong speaker belakang.

amplifier venom

Spesifikasi:
• Head Unit: Alpine IVA W 520E
• Processor: Venom Pandora VPR-II (2 Unit)
• Front Speaker:
o Tweeter Venom VI 2.5CT
o Midrange Venom VI 3M
o Midbass Venom VI 6.3
• Amplifier:
o Venom Black 475 BII (2 Unit)
o Venom Intelligent VI 150.4 (1 Unit)
o Venom VD 2600 SII (2 Unit)
• Rear Speaker:
o Venom Intelligent VI 2.5 CT
o Venom VX 6 SII
o Venom VX 4HT Horn
o Venom Intelligent VI 6.3 SII
• Subwoofer: Venom VX 6012 W (2 Unit)
• Wiring: Venom dan Tchernov
• Sound Damping: Visel

Warehouse: Baz Auto Focus (BAF)
Owner: Michael ADD

1 Comment

  1. Keren om ungu..kalau bisa stel lagunya jangan format mp3 lagi.coba wav,flac,dsan sejenisnya.

    Balas

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *