Select Page

AUDIO MOBIL JAZZ A WAY TO BE DIFFERENT

AUDIO MOBIL JAZZ A WAY TO BE DIFFERENT

Mau bermain pede dengan audio mobil sound quality loud, ikuti cara Joan Widjaja saat membangun audio mobil di Honda Jazz ini “It’s a way to be different”.

modifikasi audio mobil

Joan, panggilan akrab dari installer audio mobil punggawa Sinar Abadi Surabaya ini amat pintar soal pengetahuan membangun sound system mobil. Kepingin tema apapun beliau menyanggupi, salah satunya kala diberi tanggung jawab meraih musik jenis audio mobil sound quality loud, gabungan antara dinamika suara sound quality dan sound pressure level. “Suaranya sanggup memberi porsi yang lantang, namun tetap bersih. Baik di frekuensi high, mid ataupun low,” tegas installer yang berpraktek di bilangan Jl. Tidar, Surabaya. Pokok utama untuk menggapai rentang frekuensi lengkap adalah menggunakan perangkat dengan performa bagus. Seperti kali ini, Ia menggunakan speaker 3way komponen MST Melodia, dan amplifier yang direkomendasi pemain dB Drag. Berikut unit yang bertugas memberi porsi bass yang depth yakni Digital Design.

head unit

3 Way Sudah Cukup Mewakili

Meraih tonal accuracy yang sesuai porsi kerap selalu berkiblat dengan arah dari gaya 3 way. Namun bagi Joan, asalkan performa speaker sudah amat mendukung untuk menyebarkan lini frekuensi dengan jangkauan yang baik.
“Untuk tweeter dan midrange menggunakan passive crossover, sedangkan midbass langsung ke power. Midbass di LPF dari power DD C5B di 500Hz, tweeter dan midrange di HPF dari power 700Hz. Cutting di passive crossover di 4Khz,” terang Joan. Hasilnya proses menghasilkan rentan nada yang sesuai porsi musik pun akan mudah terwujud.
Sementara, urusan rear speaker juga menjadi perhatian dari Joan, dengan mempercayakan tweeter Digital Designs AT28 dan midbass Digital Designs AW 6.5. “Tweeter di cutting di 5Khz dan midbass di cutting di 125Hz (HPF) dan 4KHz (LPF). Pemotongan frekuensi menggunakan PXA-H800” tungkas Joan.

speaker

Dengan Digital Designs, tingkat keakuratan untuk menjaga kestabilan suara agar tetap fokus dan dinamik mudah tercapai. Hingga untuk mencapai sound stage maupun imaging akan terwujud dengan sempurna. Apalagi tonal balanced yang merupakan inti kala mendengar musik. Teratur sesuai rekomendasi CD yang diinginkan.

subwoofer

Setelah memadukan itu, baru kemudian melanjutkan ke tahapan pemasangan. Terutama speaker, yang mana harus solid dan kuat agar kinerja tiap lini frekuensi dapat terakumulasi dengan suara tepat. Jarak penempatan mesti simetris, mirip home audio agar kinerja frekuensi saat mendorong dapat berbarengan dan memunculkan suara yang seimbang.

Pikat 4 Amplifier ‘Perkasa’

Urusan penyuplai tenaga pada audio mobil Jazz Tania ini, Joan mengusung 4 amplifier ‘perkasa’ yang tentunya peranan dan tugas yang berbeda-beda. Seperti, satu unit amplifier Digital Designs C5B 4 channel, lalu dua unit amplifier Presence Picasso 504 4 channel, dan satu unit Stetsom 7K2E. “Digital Designs di input dari power ini dari PXA-H800 channel 5 dan 6. Lalu, Presence Picasso masing-masingnya di bridge, power yang berada di kiri untuk tweeter dan midbass kiri, yang kanan untuk tweeter dan midbass kanan. Input dari power sebelah kiri diambil dari output PXA-H800 channel 1 dan 3, sedangkan untuk input power sebelah kanan diambil dari PXA-H800 channel 2 dan 4. Stetsom 7K2E input dari PXA-H800 channel 8,” jelas Joan.

Konsep SQ dan SQL

Amazing, satu kata ini yang dapat dikemukakan, pasalnya selain sanggup melahap musik berporsi detail instrument dan vokal seperti Jazz, sistem audio mobil buatan Joan juga sanggup meladeni musik berbeat cepat beraliran trance. Layaknya sebuah pagelaran musik concert, seluruh frekuensi bisa dirasakan, pemain terasa ada di hadapan kita. Musik bisa dirasakan seirama tanpa ada efek menumpuk diantara suara yang hadir.

audio mobil

Alhasil, prestasi yang membanggakan pun diraih dengan sistem yang memang diracik sesuai dengan standarisasi kontes di Tanah Air. Seperti, Juara 1 pada kontes audio mobil EMMA Indonesia 2014 dan juara 3 EMMA ASIA 2014 pada kelas ESQL Advance 2 Subwoofer.

Spesifikasi audio mobil :
• Head Unit: Alpine INE-W957E
• Processor: Alpine PXA-H800 + RUX-C800
• Speaker Front : MST Melodia 3 Way
• Amplifier Front :
– Digital Designs C5B 4 channel (1 Unit)
– Presence Picasso 504 4 channel (2 Unit)
– Stetsom 7K2E (1 Unit)
• Speaker Rear :
– Midbass Digital Designs AW 6.5
– Tweeter Digital Designs AT28
• Subwoofer : Atomic Quantum 10” (2pcs)
• Peredam : Allumat Pro
• Aki: XS Power 5100 (60 AH) untuk depan dan belakang
• Fuse :
– Shok Industries FW-121
– Shok Industries FW-124
• Wiring :
– Shok Industries Competition 0 AWG
– Shok Industries Competition 4 AWG
– Shok Industries Competition 16AWG utk spk depan dan
– Shok Industries Competition 12 AWG utk spk belakang
– Shok Industries FLO
– Optic: Wire world supernova 5 meter

Warehouse : Sinar Abadi
Owner : Tania

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *