Select Page

MODIFIKASI HONDA BRIO : PERTAHANKAN MESIN ASLI…

MODIFIKASI HONDA BRIO : PERTAHANKAN MESIN ASLI…

Siapkan spesifikasi berbeda untuk harian dan juga balap dengan cara membedakan beberapa komponen baik di sektor mesin, interior hingga kaki-kaki.

Hobi modifikasi mesin yang ada pada Kevin membuat performa Brio miliknya ini makin bertenaga. Semua urusan oprekan pun dilakoni langsung oleh tangannya sendiri sebagai mekaniknya. Untuk fokus ubahan masih dititik-beratkan pada bagian eksternal mesin dengan mengusung aliran FI (Force Induction) dan tetap mempertahankan mesin L13Z berkapasitas 1300 cc bawaan asli Honda Brio versi CBU.

_AWS7047_

Cangkok Turbocharger Garret TD04

Dengan pattern modifikasi mesin yang diusung, Kevin mencangkokan piranti Turbocharger Garret TD04 pada mesin. Akan tetapi sebelumnya bagian dalam mesin sudah sedikit diberikan sentuhan porting and polish pada lubang hisap dan buang di head block, tujuannya sudah tentu memperlancar asupan bahan bakar dan saluran buang dengan tujuan akhir untuk peningkatan tenaga.
Intercooler Mishimoto, blow-off Blitz menjadi satu kesatuan bagian mesin untuk menjaga performa dan kinerja turbo. Untuk saluran sistem turbo (piping), Kevin membuat sendiri di garasi rumahnya yang sudah dijadikan bengkel modifikasi dengan nama Kev Garage.
Untuk hasil yang maksimal, kondisi mesin secara keseluruhan sudah dijaga dengan baik. Radiator hasil custom sendiri dan oil cooler Greddy dipasangkan agar kondisi temperatur mesin tetap ideal, baik saat dipakai balap ataupun harian.

_AWS7067_

Siapkan 2 Intake Manifold Berbeda

Satu hal yang dilakukan Kevin agar Brio besutannya ini bisa buat harian dan juga maksimal untuk diajak adu kecepatan, Ia sudah mempersiapkan beberapa komponen yang berbeda dan siap diaplikasikan plug and play.
Salah satunya adalah intake manifold yang sudah dibedakan dengan mempersiapkan 2 intake manifold berbeda. “Ada 2 intake untuk harian dan balap. Intake manifold standar digunakan untuk spek harian, intake manifold custom 8 injector untuk spek balap,” jelas Kevin.

_AWS7056_

ECU Standar + Piggyback

Hal yang menjadi treatment terakhir dari semua ubahan mesin yang teraplikasikan, Kevin mengatur ulang mapping ECU standar dengan menggandengkan piggyback lansiran Dastek Unichip. Hasil yang didapat setelah tuning ulang, tenaga mesin pun mampu meningkat dengan signifikan. “Boost dibuat 0.3 Bar, dynotest di Sigma Speek hasilnya tuningnya 179.5 HP dari standarnya yang sekitar 95 HP,” jelas Kevin lebih detail.
Uniknya dari gaya modifikasi yang dilakukan Kevin pada mobilnya ini, Ia tak hanya mempersiapkan beberapa komponen berbeda untuk disektor mesin saja. Pada saat balap, sektor interior dipasangkan roll cage 4 point dan jok racing Bride, sedangkan kaki-kaki ditunjang oleh pelek 17 inci Super Advan Version 2.

_AWS7072_

Spesifikasi :
Eksterior : Engine Hood Carbon

Mesin : Turbo Garret TD04. Blitz Blow-Off. Custom Intake By Kev Garage. Custom Turbo Piping By Kev Garage. K&N Open Air Filter. Porting Polish. Custom 8 Injector (For Race). Intercooler Mishimoto. Fuel Pump DW. Oil Cooler Greddy. Radiator Custom by Kev Garage

Kaki-Kaki : Tanabe Sustech Pro Coilover Suspension. Full Under Brace. Arm Bar Custom by Kev Garage. Rims OEM Honda Civic 2.0

Interior : Greddy Info Meter Touch. Autometer boost meter. Greddy shift knob. Js Racing Quick Shift

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *