Select Page

MODIFIKASI AUDIO MOBIL : RICH LOW FREQ

MODIFIKASI AUDIO MOBIL : RICH LOW FREQ

Ubahan sistem audio yang satu ini sangat handal dalam melantunkan low frequensi yang diciptakan, hal ini tidak lain karena peranan subwoofer handal lebelan ORION HCCA.

Soundmotion – Kendaraan satu ini pada dasarnya memang banyak kelebihan, terlebih dengan konsep modifikasi audio mobil kini sudah teraplikasi dalam kabinnya. Dengan mengusung beberapa line up dari perangkat audio mobil aftermarket, mobil Honda CRV ini pun siap dipertandingkan dalam kontes sound quality loud (SQL).
Christian selaku pemilik dari Honda CRV pada awalnya inginkan modifikasi audio mobil sederhana dalam kabin kendaraan kesayangannya. Namun, setelah beberapa kali hadiri kontes bergengsi maka ubahan yang diinginkan pada kendaraannya pun inginkan ‘mewah’. Untuk aplikasikan semua keinginannya, Christian mengkonsultasikan pada workshop Audio Creation. Mau tahu modifikasi audio mobilnya, simak trus soundmotion mania…

Honda-CRV---AudioCreation---Jakarta---Wahyu---Buritan-Belakang-dan-Owner-INSIDE

Pikat Source Alpine

Intip pada bagian source suara yang teraplikasi pada CRV ini mengusung head unit audio double din Alpine IVA W-520E dikombinasikan dengan processor audio yang masih mengusung satu lebelan dengan head unit pada seri PXA-H800. Sementara untuk settingan suara semua dilakukan pada processor dan juga peranan passive, “settingan suara memang disini masih mengandalkan peranan passive diracik oleh Mr. Hebron,” ungkap Boy selaku punggawa workshop Audio Creation.
Namun, untuk mengoptimalkan ruang kabin dari CRV ini, Boy selaku eksekutor membalutkan peredaman awal perubahan pada sistem audio mobil Christian. Dengan menggunakan peredaman Jacaranda pembalutan peredaman dilakukan keseluruh sektor, seperti floor, plafon, serta doortrim. Sehingga, minimalis gangguan suara yang masuk pun mampu diatasi serta dapat mengoptimalkan keseluruhan perangkat penyuara.

Honda-CRV---AudioCreation---Jakarta---Wahyu---Head-Unit-INSIDE

Konsep D’AppolitoGramond R2

Sementara, jika menilik pada perangkat penyuara teraplikasi pada bagian depan kabin CRV Christian, konsep D’Apollito menjadi andalan dengan susunan MTM. “Dengan konsep D’Appolito ini staging lebih baik, mulai dari height width depth lebih improve, jadi suara lebih Live rasanya,” terang Boy sesaat menceritakan konsep penyuara bagian depan CRV.
Sedangkan, pada bagian midbass masih mengadopsi konsol originalnya. Hanya saja pada saat penyematan midbass diberikan sentuhan dengan membuat konsol lebih rigit dan juga peredaman agar midbass bisa lebih optimal.

Honda-CRV---AudioCreation---Jakarta---Wahyu---Full-Kabin-Depan-INSIDE

 

Orion Duduki Kabin CRV

Konsep SQL mulai terasa sesaat mengintip pada buritan kabin CRV tunggangan Christian, pasalnya pada bagian buritan kabin dibenamkan subwoofer Orion HCCA Black Coilbsebanyak 2 unit dengan diameter 12 inch. Alhasil, low frequensi yang dihasilkan dari subwoofer ini pun kental terasa dengan optimal.

Honda-CRV---AudioCreation---Jakarta---Wahyu---Buritan-Belakang-INSIDE
Terlebih lagi dengan penyematannya sangat baik untuk memaksimalkan subwoofer, Boy membuatkan sarang dengan jenis boks ported dengan ukuran 2 cu/ft untuk masing-masing subwoofer yang bersarang di buritan kabin CRV Christian. Meski terjejali banyaknya perangkat audio mobil aftermarket di buritan kabin, namun fungsional bagasi serta ban serep pun masih bisa digunakan.
Melengkapi konsep SQL diusung tidak luput dengan komponen speaker yang terjejali pada kabin belakang CRV. Penyuara seperti Orion Super Bullet Cobalt, Orion Midrange 8″ HCCA, dan Gramond Mid bass 6″ R1 menjadi satu kesatuan melengkapi buritan. Uniknya, boks diaplikasikan untuk penyuara bagian belakang ini dibuatkan jenis ported. “Selain untuk mendapatkan low frequensi dari penyuara bagian belakang dan juga memaksimalkan boks yang ada, jadi harus kreatif untuk suara maksimal,” jelas Boy.

Honda-CRV---AudioCreation---Jakarta---Wahyu---Penyuara-Bagian-BelakangINSIDE

Optimalkan 3 4channel dan 1 monoblok

Untuk memaksimalkan kinerja dari keseluruhan perangkat penyuara diaplikasi dalam kabin CRV, Boy menyuguhkan 4 amplifier mumpuni, seperti satu amplifier Gramond 4ch Premium Series, dua amplifier Gramond 4ch MLT Series, dan satu unit amplifier Prokick Mono 6000D. Peranannya pun berbeda, seperti Gramond 4ch Premium untuk mensupplay tenaga pada penyuara bagian depan.

Honda-CRV---AudioCreation---Jakarta---Wahyu---Full-Amplifier-INSIDE
Sementara, untuk 2 unit amplifier Gramond 4ch MLT Series mendrive penyuara bagian belakang, serta single monoblok Prokick Mono 6000D guna mengoptimalkan gebukan low dari dua unit subwoofer 12 inch diburitan kabin CRV.

Honda-CRV---AudioCreation---Jakarta---Wahyu---Penyuara-Lighting-INSIDE

Spesifikasi: – Head Unit: Alpine IVA W 520E – Processor: Alpine PXA-H800 – Speaker:  o Gramond D’Appolito R2 o Orion Super Bullet Cobalt o Orion Midrange 8″ HCCA  o Gramond Mid bass 6″ R1 – Amplifier: o Gramond 4ch Premium Series (front) o Gramond 4ch MLT Series 2pcs (Rear) o Prokick Mono 6000D (sub) – Subwoofer:Orion HCCA Black Coil 12″ 2pcs – Other: o Battery 100A o Peredam Full Body – Wiring: Synchronize dan Synergy

Workshop: Audiocreation
Owner: Christian

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *