Select Page

MODIFIKASI AUDIO HONDA ALL NEW CRV : GOOD LOOKING…GOOD SOUND

MODIFIKASI AUDIO HONDA ALL NEW CRV : GOOD LOOKING…GOOD SOUND

Instalasi sistem audio mobil apik dengan finishing selaras dengan kabin mobil ini tidak hanya sedap dipandang, tapi siap membuat setiap musik sedap didengar.

Sound Motion – Penyematan produk audio mobil Dominations secara menyeluruh menjadi pijakan awal Hasbullah dari Pro Audioworkshop dalam membuat sistem audio berkualitas pada Honda All New CRV milik Syafril. Karena pemilik menyukai musik-musik audiophile, konsep sistem audio mobil berbasic aliran SQ diterapkan oleh Hasbullah agar sesuai dengan musik kegemaran sang owner.
Dalam merangkai sistem audionya, installer dengan sapaan akrab “Bang Has” ini melibatkan produk audio merk Dominations untuk membuat sistem SQ andalan. Dengan proses pengerjaan selama 2 Minggu, secara bertahap dipasangkan terlebih dahulu Pioneer AVH-1450 DVD sebagai media player utamanya.

CRV-Hitam-Pro-AWS_5

Custom 3 Way

Tahap selanjutnya, untuk urusan speaker depannya dipasangkan speaker 3 way hasil product match alias custom. Satu set speaker Dominations RS61 yang merupakan satu set speaker 2 way disulap menjadi jenis 3 way. Disini Has mengadopsi midrange Dominations Revelation Srikandi untuk membuat speaker depan menjadi sistem 3 way. “Speaker depan 3 way sudah memakai pasif crossover custom,” terang Has.
Penampilan midrange sedikit diubah agar sesuai dengan tampilan tweeter dengan list berkelir merahnya. Untuk dudukan tweeter dan midrangenya dibuatkan pilar A custom dengan desain yang unik. Bicara rigiditas pilar A, skill Has sebagai installer yang sudah beberapa kali mengantongi prestasi kontes car audio EMMA sudah jelas bisa jadi jaminannya. Selain desainnya, finishing pilar A juga patut diacungi jempol, pasalnya warnanya dibuat selaras dengan dominan warna kabin.

CRV-Hitam-Pro-AWS_1
Meski mengambil konsep SQ, sistem yang diracik sedikit diberikan improvisasi untuk mempersiapkan dengan ditambahkan speaker fullrange Dominations RS R50. “Speaker belakang fullrange R50 itu sebagai speaker surround,” ungkapnya. Dengan begitu saat dipergunakan untuk nonton film, sistem yang diracik mampu menghadirkan suara yang lebih bernuansa. Kinerja speaker depan maupun belakang, masing-masing sudah didukung dengan amplifier Dominations ES 4100 yang ditanamkan pada ruang bagasi.

CRV-Hitam-Pro-AWS_3

Double Subwoofer

Untuk mendapatkan suara bass yang powerful dan mumpuni di frekuensi rendah untuk musik audiophile, dalam mobil milik Syafril ini sudah diaktifkan 2 unit subwoofer 12 inci di ruang bagasi. Dengan menggunakan box sealed berukuran 1.4 kubik, subwoofer Dominations ES ZB terpasang sempurna dan siap bekerja optimal, terlebih masing-masing subwoofer sudah digandengkan 1 unit amplifier monoblock ES 1800 juga dari labelan yang sama.

CRV-Hitam-Pro-AWS_4

CRV-Hitam-Pro-AWS_2

Tuning With Corpus Call O Sum

Mendapatkan sistem dengan suara yang berkualitas, output frekuensi suara tiap driver speaker diolah kembali oleh installer asal Tanjung Pinang ini dengan menggunakan processor Dominations Corpus Call O Sum. Processor ditempatkan juga pada ruang bagasi tepat ditengah-tengah antara amplifier monoblock ES 1800. “Subwoofer di cut 60 Hz, dan 450 Hz atasnya,” jelas Has mengakhiri sesi wawancara.CRV-Hitam-Pro-AWS_7

Spesifikasi :

Head Unit : Pioneer AVH-1450DVD
Processor : Dominations Corpus Call ‘o’ Sum
Speaker Depan :
– Dominations RS61 2 Way (Pair)
– Dominations Midrange Revelation Srikandi (Pair)
Speaker Belakang : Dominations Fullrange RS R50 (2 Pair)
Subwoofer : Dominations ES ZB 12” (2 Unit)
Amplifier :
– Dominations 4 Channel ES 4100 (2 Unit)
– Dominations Monoblock ES 1800 (2 Unit)
Peredam : Automat

Mobil : Honda All New CRV
Owner : Syafril
Workshop / Installer : Pro Audioworkshop, Tanjung Pinang-Indonesia / Hasbullah

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *