Select Page

AUDIO MOBIL DENGAN BUDGET MINIM BUKAN MASALAH

AUDIO MOBIL DENGAN BUDGET MINIM BUKAN MASALAH

Dengan memiliki finansial yang terbatas tidak mengecilkan hati untuk membuat instalasi yang matching dan elegan, audio mobil dengan budget minim bukan masalah.

Dinamika dunia hiburan dewasa ini mempunyai ciri khas masing-masing yang menonjolkan identitas tentang karakter dan juga unsur kreatif bagi para komunitasnya. Begitu juga dalam dunia audio mobil, ketika membahas keunikan-keunikan yang ada dari karya-karya installer dalam mengupgrade system instalasi dikabin mobil menjadi variatif dan inovatif tanpa mengurangi kualitas, malahan suara yang dihasilkan lebih baik di atas standart dari barang-barang pabrikannya.Daihatsu-Sirion-Cipta-Sonic-Audio-WHY+03g
Seperti yang dilakukan oleh Daniel dari workshop Cipta Sonic Audio, yang belokasi di MGK Kemayoran, Jakarta. Ketika bertemu dengan sang installer, beliau baru saja menyelesaikan proses upgrade sebuah mobil Daihatsu Sirion dengan konsep Sound Quality (SQ) menggunakan sistem two way. Pengerjaannya tidak memakan waktu yang lama,yaitu selama kurang lebih 1 minggu. karena memang konsep SQ lebih simple dibandingkan dengan konsep-konsep instalasi yang lain seperti SPL, SQL, maupun car theatre.

Simple Kabin Depan

Bagian kabin depan Daniel mempercayakan pabrikan Pioneer AVH-X1750DVD. Memang kualitas dari brand yang sudah popular ini tidak diragukan lagi dikalangan pecinta car audio, karena kemampuan yang dimiliki head unit ini mempunyai fiture-fiture yang disesuaikan dengan kebutuhan dalam mengoperasikan perangkat audio seperti time alignment (TA).

Daihatsu-Sirion-Cipta-Sonic-Audio-WHY+07
Untuk penggunaan speaker, Daniel menyematkan Gramond Alpha 6C dengan sistem 2 Way depan kabin mobil. Pada pilar A dan juga konsol midbass, Daniel mengaplikasikannya dengan baik. Pasalnya, sebagai sarang tweeter hanya dibuatkan custom tweeter menempel pada bagian ujung pojok dasbor. Sementara, midbass agar lebih presisi konsol dasbor dibuatkan lebih mengarah dalam kabin.

Daihatsu-Sirion-Cipta-Sonic-Audio-WHY+04

Produk After Market

Setelah selesai Daniel memaparkan bagian-bagian yang ada di kabin depan mobil Daihatsu Sirion ini, tidak seru juga jika tidak mengetahui apa-apa saja yang menjadi penghuni di bagasi mobil. Untuk menghilangkan rasa penasaran, menuju ke kabin belakang mobil.Daihatsu-Sirion-Cipta-Sonic-Audio-WHY+02
Daniel juga menjelaskan bagian bagasi ini menggunakan produk yang paten dengan kualitasnya, yaitu pabrikan dari Rockford untuk kebutuhan subwoofer dengan type P1 dengan ukuran 12inch. Meskipun hanya ada satu unit subwoofer yang disematkan,tetapi dentuman bass yang dihasilkan dari pabrikan ini memang diakui dasyat, dan dibungkus dengan sealed boks dari kreasi sang installer, jadi makin yahud aja hasil suaranya.

Daihatsu-Sirion-Cipta-Sonic-Audio-WHY+09
Sementara, untuk kebutuhan power di kabin mobil, Daniel menggunakan satu amplifier Gramond Alpha. Jadi makin dasyat juga nih upgrade yang dilakukan di mobil Daihatsu Sirion dengan konsep SQ nya karena disematkan satu amplifier. Belum lengkap jika sistem audionya sudah paten tanpa perangkat yang menghantarkan arus listrik kepada setiap komponen audio yang ada dimobil, Daniel menyematkan kabel RCA Gramond untuk aliran arus di system audionya, dan memakai peredam dari Automate.

Daihatsu-Sirion-Cipta-Sonic-Audio-WHY+010
Setelah mengetahui proses upgrade audio mobil yang dilakukan oleh Daniel dengan mobil Daihatsu Sirion ini, jadi ingin mengetahui bagaimana kualitas yang dihasilkan jika dipasangkan sebuah lagu dalam kabin mobil. Ternyata ketika menyimak lagu yang di alunkan, suara yang dihasilkan memuaskan. Dengan komposisi dari tiap-tiap instrument yang ada berkolaborasi dengan semua jenis speaker yang ada di mobil.

Daihatsu-Sirion-Cipta-Sonic-Audio-WHY+08
Bagian-bagian yang detail dari irama yang ada menjadi selaras dengan alunan yang membuat hati menjadi nyaman, jadi suasana perjalanan di kabin mobil menjadi nyaman dengan alunan musik dari artis favorit.

Daihatsu-Sirion-Cipta-Sonic-Audio-WHY+01

Spesifikasi:
• Head Unit: Pioneer AVH-X1750DVD • Front Speaker: Gramond Alpha 6C • Amplifier: Gramond Alpha (1 Unit) • Subwoofer: Rockford P1 (1 Unit) • Sound Damper: Automate • Wiring: o RCA Gramond o Speaker VOX

Warehouse: Cipta Sonic Audio (CSA)
Owner: Yopie

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *