Select Page

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENGAPLIKASIKAN WIRE TUCK

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENGAPLIKASIKAN WIRE TUCK

Dengan melakukan Wire Tuck ruang mesin mobil terlihat lebih rapi dan bersih tanpa terlihat kabel-kabel melintang, tapi untuk melakukannya diperlukan kehati-hatian dan skill extra dari sang modifikatornya.

Tips Modifikasi – Modifikasi mobil tentu saja erat kaitannya dengan kreatifitas yang kemudian mampu menjelma menjadi sebuah trend. Di lingkup modifikasi mesin, selain repaint engine cover, ada satu lagi trend modifikasi yang tidak ada kaitannya dengan tenaga mesin, akan tetapi erat kaitannya dengan peningkatan penampilan ruang mesin (Engine Bay) yang dikenal dengan nama Wire Tuck.
“Wire tuck sendiri itu sebenarnya merapikan kabel yang terlihat diruang mesein, jalurnya diubah dan dibuat lebih tersembunyi jadi ruang mesin tidak terlihat kusut karena banyak kabel melintang,” pungkas Eric, salah satu punggawa bengkel Engine Plus .

wire tuck

Modifikasi Mobil Wire Tuck

Trend Wire Tuck sendiri sebenarnya sudah lama ada, akan tetapi kapan mulainya tidak diketahui dengan pasti di tahun berapa. “Trend Wire Tuck sih dari Jepang dan Amerika tentunya, termasuk juga Australia. Di Indonesia trend ini ada kurang lebih sekitar tahun 2010,” tambahnya.

Point Penting

Berkaitan dengan perkabelan yang punya fungsi penting, untuk menerapkan Wire Tuck diperlukan kehati-hatian dan skill extra agar terhindar dari kesalahan yang berakibat pada kerusakan atau korsleting listrik. Biasanya perangkat yang dipindahkan posisinya dari ruang mesin itu aki, box sikring, bahkan sampai kompresor AC.
Menurut salah satu punggawa bengkel yang bermarkas di bilangan Sunter, Jakarta Utara ini, hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan Wire Tuck adalah sambungan kabelnya, karena pasti ada beberapa kabel bawaan yang pendek yang kalau diubah jalurnya jadi harus dipanjangin, begitupun sebaliknya ada yang kepanjangan jadi harus dipotong.

wire tuck

Wire Tuck

Hal lainnya, yaitu posisi jalur baru kabelnya juga diusahakan memilih tempat yang tetap mudah diakses, sehingga jika ada problem lebih mudah diketahui dan diperbaiki.“Kabel lampu biasanya dialihkan lewat fender, kalau kabel mesin tetap lewat firewall tapi jalurnya jadi dibuat satu lubang saja, yang lebih gila-gilaan sampai selang AC juga di custom lewat bawah, jalur rem diubah bikin pipa baru lewat bawah,” pungkasnya lagi.
Wire Tuck juga bukan hanya sekedar menyembunyikan kabel-kabel, ada hal lainnya yang menjadi kelanjutan yakni menutup lubang-lubang diruang mesin yang sudah tidak terpakai lagi buat jalur kabel.
Otomatis setelah menutupi lubang-lubang tersebut dengan pengelasan. ruang mesin harus juga perlu di cat ulang agar hasil maksimal secara estetika modifikasinya, karena Wire Tuck merupakan bagian dari modifikasi total untuk meningkatkan tampilan diruang mesin. Agar mempermudah pengerjaan Wire Tuck, mesin mobil sebaiknya harus diturunkan total.
“Rata-rata yang bikin Wire Tuck dengan hasil maksimal itu mobilnya dibongkar semua, dicat ulang, ibarat merangkai dari awal. Turun mesin, bongkar total sampai tinggal body kosong, diurut ulang lagi kabel-kabelnya, lubang-lubang di body yang tidak terpakai buat kabel lagi di tutup pake las, didempul hingga dicat ulang,” tutupnya.

Thanks to : Eric – Engine Plus Motorsport

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *