Select Page

MODIFIKASI MOBIL : “KALEM DILUAR…BENGIS DIDALAM”

MODIFIKASI MOBIL  : “KALEM DILUAR…BENGIS DIDALAM”

Soal penampilannya modifikasi mobil Evolution 7 ini memang kalem, tapi urusan otot mesin sudah gak’ kalem lagi bro..!

Apa yang menjadi point interest Mitsubishi Lancer Evolution 7 ini adalah soal modifikasi mesinnya. Weda selaku sang pemilik sekaligus mekanik dari bengkel Indonesian Performance ini mampu membuat modifikasi performa mesin yang efektif dan apik. Jika mengintip tampilan ruang mesinnya seolah seperti melihat mesin standarnya, tapi justru itulah yang jadi nilai lebihnya. kalem diluar..bengis didalam…begitulah sosok mobil ini kalau boleh dibilang.

Modifikasi Mobil

Modifikasi Mobil – Mesin Evo 7

Internal Racing Parts

Dari awal memang modifikasi difokuskan pada peningkatan performa mesin, dan internal part mesin pun cukup banyak mengalami penggantian dengan parts racing. Piston orisinil sudah diganti lansiran Wiseco yang digandengkan dengan connecting rod Eagle serta bearing ACL. “Kapasitas silinder mesin tidak berubah, masih tetap 2000 cc,” jelas Weda.

Modifikasi Turbo

Modifikasi Mobil – Turbo

Masih ada lagi yang dilakukan untuk peningkatan performa mesin, yakni mengoptimalkan katup hisap dan buang mengandalkan valve kit dari Supertech, dimana derajat buka tutupnya sudah dijaga oleh camshaft HKS berdurasi 272. Tapi bicara injectornya, Weda masih tetap mengandalkan originalnya bawaan mesin, “spek injector orisinil masih cukup Mas,” tambahnya saat diwawancara.

Modifikasi Mesin

Modifikasi Mesin Evo 7

TD05 20G Hybrid Turbo

Merasa cukup dengan modifikasi di jeroan alias internal mesin, langkah modifikasi dilanjutkan ke lini eksternal. Agar tenaga mesin meningkat lebih signifikan, TD05 20G Hybrid Turbo lengkap dengan piping dan intercooler dari Blitz pun dipasangkan, dengan begitu ruang mesin tetap luas dan terlihat seperti tampilan standar.

Modifikasi

Modifikasi Mobil Accesoris Interior

“Turbo Hybrid itu maksudnya seperti upgrade part turbo, jadi walaupun bagian depannya TD05 tapi housing bagian belakangnya sudah lebih besar, tujuannya untuk boost lebih besar dengan harapan horse power juga bisa meningkat,” terang mekanik yang sudah banyak makan pengalaman dan prestasi di dunia balap Indonesia ini.

Modifikasi

Modifikasi – Indikator

Untuk melancarkan sistem gas buang agar mampu mendukung performa mesin yang lebih optimal, mulai dari midpipe hingga mufflernya sudah mengandalkan lansiran Greddy Trust, tapi untuk downpipenya custom hasil racikan Weda sendiri.

Evo 7

Interior Evo 7

Upgrade Gearbox 6 speed

Satu modifikasi yang perlu dibahas adalah pada gearboxnya yang sudah memakai satu set gearbox kepunyaan Lancer Evolution 9MR. Dengan begitu kini Evo 7 besutan punggawa bengkel Indonesian Performance yang awalnya hanya 5 percepatan, kini punya persneling hingga 6 percepatan. Kelancaran dan efisiensi transfer tenaga mesin ke roda pun akhirnya dimaksimalkan dengan Ogura Twin Clutch.

Modifikasi Mobil

Modifikasi Mobil – Persneling Evo 7

“Gearbox 6 speednya ini harus lengkap dengan mounting dan linkage dan shifter agar proses aplikasinya bisa plug n play,” paparnya.

Reflash ECU + Dastek Unichip

Segala modifikasi yang ada sudah pasti mengubah spesifikasi mesin, dan mapping sistem pengaturan mesin yang terprogram didalam ECU sudah tentu harus disesuaikan ulang, nah..untuk itu ECU orisinil pun di reflash yang kemudian di mix dengan piggyback Dastek Unichip. “Untuk harian di setting maksimum boost 1.5 bar, dan buat race maksimum di boost 1.8 bar,” tutup Weda.

 

 

Spesifikasi :

Mesin : Dastek Unichip. Wiseco Piston. Eagle Connecting Rod. HKS 272 Camshaft. Tomei Cam Gear. Supertech Valve Spring. Supertech Retainer. ACL Race Bearing. Skunk2 Intake Manifold. 6 Speed Evo 9MR Gearbox. Ogura Twin Clutch. Blitz Intercooler & Piping Kit. TD05 20G Hybrid Turbo. Blitz Electronic Boost Controller. ARC Cooling Plate. Custom Turbo Downpipe. Greddy Trust Midpipe. Greddy Trust Muffler. ARC Turbo Manifold Cover.
Interior : Defi Fuel Pressure Meter. Defi Egt Meter. Defi Water Temp Meter. Defi Oil Pressure Meter. Defi Head Up Display. Apexi Rsm.
Kaki-Kaki : DGR Circuit Specs Suspension. Hd Titan Kei Brake Pad. Velg BBS Forged Evo 8MR 17”. Toyo R1R Tyres.
Eksterior : Evo 7 Carbon Wing Series. Carbon Electric Mirror. Mitsubishi Oem Diffuser. Evo9 Stop Lamp. Voltex Rear Bumper.
Audio : Head Unit AVH-X8750BT. Infinity Kappa Front Speaker. Infinity Kappa Rear Speaker. Pioneer Under Seat Subwoofer.

Mobil : Mitsubishi Lancer Evolution 7
Owner : Weda
Workshop / Mekanik : Indonesian Performance / Weda

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *