Select Page

MODIFIKASI AUDIO MOBIL ‘RANCANGAN MERAIH SUARA DETAIL DAN LEMBUT’

MODIFIKASI AUDIO MOBIL ‘RANCANGAN MERAIH SUARA DETAIL DAN LEMBUT’

Karakter suara sistem audio mobil yang sesuai selera dapat terealisasi dengan perpaduan 3 brand berbeda.

Memiliki sistem audio mobil dengan karakter suara yang detail dan lembut merupakan keinginan wanita yang akrab disapa Lexis, pemilik All New Nissan Grand Livina ini. Alhasil, sistem audio bawaan segera dipensiunkan dan diganti dengan sistem audio yang lebih berkelas lewat skill Christian, sang installer dari Mobiltronik Surabaya.
Dengan proses instalasi selama 2 minggu, Christian selaku installernya ini merancang sistem audio full aktif berkonsep sound quality. Soal produk yang digunakannya, installer asli ‘Arek Suroboyo’ ini tidak terpaku pada satu brand saja. Pencarian untuk mendapatkan karakter suara yang sesuai keinginan owner mobil dilakukan dengan cara matching product.Nissan-Grand-Livina-5

Sistem 2 Way Full Aktif

Sebagai trik awal merealisasikan sistem audio yang diinginkan owner, Denon DCT-R1 dipilih sebagai head unitnya. “Head unit ini suaranya masih analog, modelnya juga keren..Vintage,” ungkap Christian. Selanjutnya, Focal Beryllium versi 2 way diaplikasikan sebagai speaker depannya.

Nissan-Grand-Livina-7
Dengan menggunakan speaker tersebut, pilar A yang telah dipasangkan tweeter tetap menjaga dengan baik visualisasi berkendara, sehingga faktor safety driving dapat dipertahankan. Speaker depannya ini di-drive langsung oleh amplifier tabung 4 kanal lansiran Thailand, yakni Harmotech T4.

Nissan-Grand-Livina-6
Untuk kebutuhan suara bassnya, subwoofer 10 inci Dominations RS D230 MK2 terpasangkan di ruang bagasi. Agar kinerjanya sempurna, subwoofer ditanamkan pada box sealed bervolume 1 kubik dan di-drive oleh monoblock yang juga dari brand Harmotech seri T1.

Nissan-Grand-Livina-3
“Jadi tweeter Focal Beryllium itu karakter speednya cepat, jadi saya kasih amplifier tabung Harmotech yang notabene punya karakter speed lambat, begitu juga dengan subwoofer Dominations RS D230 MK2 Alumunium itu speednya cepat, makanya di-handle pakai monoblock Harmotech, jadi karakternya bisa balance,” terang installer asli Arek Surabaya ini.

Nissan-Grand-Livina-2
Bermain sistem full aktif yang mampu melahirkan suara mewah, lembut dan tetap maksimal soal detailnya, Christian mengusung processor Alpine PXA-H701 untuk mendapatkan tuning frekuensi yang lebih akurat didalam kabin MPV milik Lexis ini.

Nissan-Grand-Livina-4

Soal cutting frekuensinya, Christian melakukan cutting tweeter di 3.2 kHz 18dB, midbass di 63 kHz 18 dB dan subwoofer yang juga di 63 kHz 18dB.

Spesifikasi :

Audio System
Head unit : Denon DCT-R1. Speaker depan : Focal Beryllium 2 Way (1 Pair). Subwoofer : Dominations Revelation Dewaruci (1 Unit). Power amplifier : Harmotech T1(1 Unit), Harmotech T4 (1 Unit).

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *