Select Page

MODIFIKASI AUDIO MOBIL: GRAND VITARA ‘FASHIONABLE SYSTEM’

MODIFIKASI AUDIO MOBIL: GRAND VITARA ‘FASHIONABLE SYSTEM’

Audio Mobil tak sebatas melakukan penguncian suara yang tepat, tapi perlakuan instalasi product juga mesti tertata rapi

Soundmotion – Hal inilah yang menjadi prioritas Mr. X, sipemilik mobil Grand Vitara. Prinsipnya tak sekedar menciptakan suara yang menawan dan khas. Tapi project perlakuan terhadap ke semua perangkat audionya pun harus rapi. “Ingin mengaplikasi sebuah system yang bisa menghasilkan musik kencang sekaligus lembut. Juga system yang terpatri mesti tak makan tempat hingga tak repot saat membawa beberapa barang keperluan,” jelas owner pada Kristian selaku instalatur workshop Concerto Audio.

Grand-Vitara-Concerto-Audio-Tampak-Belakang-dan-Trophy

Grand Vitara With Trophy

Kombinasi Apik Source

Grand-Vitara-Concerto-Audio-RUX-Alpine

Processor Alpine RUX-C800 Remote commander for PXA-H800

Sebagai pembaca format file musik, Kristian mengkombinasikan head unit dan juga processor dengan melansir lebelan Alpine. “Pemilihan perangkat source tunggangan Mr.X ini, Saya pilih sendiri pada head unit Alpine pada seri 530 dan processor Alpine H800, karena dirasa memang sudah sangat cocok dan dalam setting suara pun terbilang lebih mudah,” ungkap Kristian.

Pikat Front Speaker 3 Way

Formula pertama, kolaborasi produk yang memiliki karakter musik yang pas tentu menjadi point awal sebelum memasangkan dan menjadi sebuah sistem. Seperti perpaduan speaker depan dan subwoofer. “Kedua perangkat itu mesti tepat, soalnya suara tinggi, menengah sampai bawah harus tertata sesuai porsi yang diberikan oleh CD tersebut,” tegas Kristian. Makanya pemilihan driver penyebur frekuensi amat perlu diperhatikan, jangan sampai malah karakter speakernya jauh dari pencapaian rentan frekuensi yang diinginkan.

Grand-Vitara-Concerto-Audio-Pilar-dan-head-unit

Placement Head Unit dan Pilar Untuk Tweeter dan Midrange

Khusus bagian depan, speakernya mengadopsi kepunyaan Impulse Zigma model 3Way, rinciannya tweeter, midrange dan midbass. Untuk tweeter dan midrange menggunakan teknik pilar custom dengan menempatkan pada posisi on axis. Metode menghadap ke muka ini lantaran installer ingin menciptakan suara yang terarah dan detail di sekitar dashboard. Juga fokus antar tiap instrument maupun suara vocal penyanyi bisa terimajinasi dengan akurat sesuai recording dari compact discnya.

Grand-Vitara-Concerto-Audio-Tweeter-dan-Midrange-Impulse

Pilar Tweeter dan Midrange Impulse

Sementara untuk midwoofer masih diterapkan dibagian panel standar mobil, Kristian hanya memasang peredam disekitar partisi plat pintu dan doortrim. Kemudian membuat ring kayu berdiameter sesuai dimensi cone midbass. Teknik ini biar suara yang tersembur di rentan frekuensi mid bass bisa tercipta dengan baik tanpa adanya suara getaran akibat sandaran.

Grand-Vitara-Concerto-Audio-midbass-Impulse

Treatment Woofer atau Midbass

Tak cuma itu, dibagian dalam dibelakag woofer pun di pasang diffuser. Tujuannya, agar backwave speaker tidak kembali ke konus dan mengganggu pergerakan speaker. Jadi lebih seperti pengacak gelombang.

Grand-Vitara-Concerto-Audio-Kabin-Depan

Tampilan Front Kabin Grand Vitara Dengan 3 Way System

Selanjutnya sebagai penyumbang low frekuensi, dipakai subwoofer Impulse 10 inch sebanyak 2 unit. Alasannya karena subwoofer Impulse mempunyai power handling yang minim. Artinya hanya diberikan watt yang tak besar, subwoofer sudah bisa bekerja secara baik, apalagi dipasok arus yang sepadan, dijamin frekuensi rendahnya bakal optimal sesuai apa yang subwoofer berikan.

Grand-Vitara-Concerto-Audio-Kabin-Belakang

Tampilan Buritan Kabin Grand Vitara

Makanya biar suara bassnya bisa terkontrol bersih dengan daya low yang powerfull, Kristian sengaja mensupportnya dengan amplifier Impulse dengan merek sama, tipe 4channel spesial editions dan monoblok. Selain arus tenaganya yang handal, Impulse juga memiliki design yang menawan. Hingga tak perlu repot saat mendesign tempat, tampil show off saja.

Grand-Vitara-Concerto-Audio-Subwoofer-Impulse

Placement Subwoofer Impulse

Impulse 4 channel special edition ini bertugas untuk mensupply tenaga bagi speaker bagian depan kabin. Sedangkan, satu amplifier Impulse monoblok berperan mengakomodir kinerja dari 2 unit subwoofer yang berada pada buritan kabin Vitara.

High Impact Bass

Menggunakan album kepunyaan Rihanna feat Eminem yag memiliki ciri khas perpaduan antara musik slow tapi daya hentakkan bass yang cepat. Saat pertama, hadir suara vokalis dengan ritme khas rapper. Suara bass yang solid juga terpapar sesuai porsinya.

Grand-Vitara-Concerto-Audio-Trophy

Grand Vitara Tampak Depan bersama Trophy

Spesifikasi:
• Head Unit: Alpine 530 • Processor: Alpine H800 • Front Speaker: Impulse Zigma 3 Way • Amplifier: o Impulse 4 channel special edition o Impulse monoblok i1000 • Subwoofer: Impulse 10 inch (2 Unit) • Peredam: STP • Kabel: Impulse

Warehouse: Concerto Audioworks
Owner: Mr. X

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *