Select Page

MODIFIKASI MOBIL HONDA CIVIC FD1 : “KEJAR PERFORMA DAN EFISIENSI”

MODIFIKASI MOBIL HONDA CIVIC FD1 : “KEJAR PERFORMA DAN EFISIENSI”

Setelah sharing dengan teman sehobi, modifikasi mobil konsep force induction dipilih untuk tingkatkan performa sekaligus efisiensi untuk harian.

Honda Civic FD1 sudah lama menjadi salah satu sedan yang menjadi idaman pecinta modifikasi mobil, karena desainnya termasuk fleksibel untuk dimodifikasi, baik yang berkonsep elegant maupun racing. Untuk Honda Civic FD1 milik pria yang punya nama Geovanny ini sudah mengusung konsep street racing, karena memang sudah lama suka dengan modifikasi mobil di sektor mesin.

modifikasi

Modifikasi Honda Civic

“Saya suka modifikasi mesin mobil sejak SMA kelas 2, untuk modif di mobil ini saya maunya sih bisa menjadi trendsetter, karena selama yang saya lihat Civic FD1 2000 cc jarang yang dipasang turbo juga. Gaya modifikasinya ini juga didapat setelah ngobrol-ngobrol sambil sharing sama Kevin dan teman-teman Kev Garage,” pungkas Geovanny.

Konversi Ke Turbo

Fokus modifikasi disektor mesin, Geovanny dibantu langsung oleh Kevin, mekanik dari bengkel Kev Garage yang juga teman sehobinya. Ubahan yang dibuat Kevin pada mesinnya ini masih mengandalkan parts internal standar. Fokus ubahan masih pada tahap ubahan eksternal dengan beberapa parts tambahan dan replacement.

modifikasi honda

Modifikasi Honda Turbo Boost

Meski mengusung transmisi otomatis, aplikasi turbocharger jadi yang paling jelas dilakukan Kevin untuk mendongkrak performa mesin sedan yang satu ini, dan ia mengadopsi langsung piranti turbocharger CT9A yang notabene turbocharge standar bawaan mesin Mitsubishi Lancer Evolution 8.

Honda Civic

Honda Civic

Extra Injector

Penyesuaian konsumsi bahan bakar juga menjadi langkah selanjutnya yang dilakukan. Injector stock tetap masih dipergunakan, akan tetapi untuk membuat asupan bahan bakar di putaran atas terpenuhi saat turbo mulai nge-boost sudah ada tambahan 4 injector.

Sebagai penyempurna agar tercapai AFR yang tepat, air filter standar langsung diganti dengan open air filter lansiran Apexi.

engine

Engine Civic FD2

“Mesin pakai 4 injector tambahan dengan fuel rail custom dan pemasangan intake manifold Edelbrock Black Edition yang juga di custom. Turbo di setting 0.5 bar, tapi belum sempet di dynotest,” lanjutnya.

Karena mesin mobil mengusung transmisi otomatis yang rentan terkena panas berlebih jika diajak pada putaran tinggi, Kevin telah mengantisipasinya dengan menambahkan Hayden automatic transmission cooler sebagai penjaga kestabilan suhu transmisi otomatisnya.
Dengan semua ubahan yang ada pada mesin, sebagai finishingnya sistem kinerja mesin diatur ulang dengan mengadopsi piggyback Greddy E-Manage Ultimate

Maksimalkan Handling

Mengusung konsep modifikasi bergenre force induction sudah pasti tenaga mesin makin besar, untuk itulah fokus modifikasi beralih ke bagian suspensi, dengan begitu keamanan dan kenyamanan berkendara harian tetap bisa didapatkan dengan optimal.

modifikasi

Modifikasi Kaki Civic FD

Di bagian suspensi sudah ditopang BC Racing V1 Coilover ditambah beberapa stabilizer dan reinforcement suspensi.

Stabilizer

Rear Stabilizer Civic

Disuspensi depan dan belakang telah diperkuat Undercontrol strutbar, dan khusus di suspensi belakang telah ditambahkan juga Beaks Lower Tie Bar, ASR Subframe Brace dan juga Skunk2 Lower Arm Bar.

Spesifikasi :

Mesin :

Turbo CT9A
Custom turbo piping by K.P.G
Custom exhaust by K.P.G
Edelbrock intake manifold Black Edition
Apexi air filter
Additional 4 injector with customized fuel rail
Bisimoto Black Intercooler
HKS SQV Black Edition Blow-off valve
Tial external wastegate
Hayden automatic transmission cooler
Piggyback Greddy E-Manage Ultimate

Kaki-Kaki :

BC Racing V1′ Design Coilover
Beaks Lower Tie Bar
ASR Subframe brace
Skunk2 Lower Arm Bar
Undercontrol engine strutbar
Undercontrol rear strutbar
Bendix brake pads
Volk Rays CE28 R17x7 pcd 5×100
GT Radial SX2 225/45/17 (front), 215/45/17 (rear)

Interior :

Sparco Full Bucket seat
Sparco 4 points seatbelt
Pivot turbo timer
Pivot boost meter

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *