Select Page

MODIFIKASI AUDIO MOBIL: “SOUND QUALITY HARIAN MEWAH”

MODIFIKASI AUDIO MOBIL: “SOUND QUALITY HARIAN MEWAH”

Kepuasan untuk menikmati kualitas suara yang maksimal di telinga Mr. Jui akhirnya terbayar sudah. Instalasi SQ yang terpampang di kabin mobil Honda HRV miliknya membuat nyaman disetiap perjalanannya.

Soundmotion – Untuk menikmati rangkaian suara dari instalasi audio pada kabin mobil memang menjadi sebuah keinginan Mr. Jui selaku pemilik tunggangan Honda HRV berwarna silver gelap. “Awalnya memang ini hobi si owner, maka saya buatkan suara yang bagus itu bisa dinikmati didalam mobil si owner,” tungkas Steven selaku punggawa workshop AJM Audioworks. Karena alasan itulah Mr. Jui rela merogoh kantongnya agak dalam demi menggapai kepuasan untuk menikmati alunan nada yang begitu detail.

audio mobil

Audio Mobil Honda HRV

Suara Mewah

Intip dibagian pilar A mobil milik Mr. Jui, Steven memasangkan pilar baru sebagai sarang berteduhnya tweeter. Melansir penyuara bagian depan dengan menggunakan labelan dari BeWith Accurate disematkan pada bagian pilar secara semi on-axis yakni posisi speaker pada bagian pilar A menghadap semi langsung pada pengemudi.

audio mobil

Audio Mobil – Kabin HRV AJM

Sedangkan pada bagian midbass yang ditempatkan oleh AJM Audioworks pada bagian doortrim installer menerapkan asas originalitas, yakni menempatkan midbass BeWith Accurate tanpa merubah kondisi asli dari doortrim Honda HRV. Dibagian doortrim sebagai tempat berteduhnya komponen ukuran 6,5 inch ini Steven membalutnya dengan peredam.

bewith

Tweeter Bewith Honda HRV AJM

Peredam yang dipasang di mobil milik Mr. Jui hanya pada seluruh bagian kabin HRV. “Keseluruhan body kabin diberikan peredaman dengan STP Gold, karena diyakini peredam ini memang paling baik dikelasnya. Lalu ditambahkan lagi dengan peredam busa dari STP Splen untuk road noise,” ungkap Steven pada team soundandmachine.com.

head unit

Head Unit Honda HRV

Source OEM masih diandalkan sebagai penyampai segala jenis format lagu, namun sebagai kunci andalan karena masih menggunakan head unit OEM HRV, processor eksternal pun turut dibenamkan dalam kabin HRV. “Dengan mengandalkan processor audio BeWith State A6 diyakinkan suaranya sangat baik,” jelas Steven.

Power 4 dan 2 Channel

Jumlah amplifier yang digunakan untuk mengusung keseluruhan sistem dalam kabin HRV, Steven mengandalkan 2 jenis amplifier yang berbeda. Satu unit amplifier Abyss mini AA ini memiliki 4 channel digunakan untuk mendrive tweeter dan midbass BeWith Accurate. Sedangkan, satu unit amplifer Audiosistem Twister yang memiliki 2 channel bertugas mengontrol kinerja dari subwoofer yang berada pada buritan kabin HRV.

amplifier

Amplifier Twister

“Untuk kelistrikan agar lebih stabil saat mengaktifkan sistem dalam kabin, Saya menambahan satu kapasitor batcap X400 supaya supply listrik power dengan baik,” terang Steven. Selain tujuannya agar arus lebih maksimal tidak terputus-putus dan suara juga lebih ekslusif.

abyss

Amplifier Abyss Honda HRV AJM

Buritan Nan Lapang

Bagian belakang tepatnya di bagasi, fungsi bagasi ini tidak diutak atik oleh installer, semua ditempatkan dibagian bawah tidak ada penambahan box yang menjorok keluar subwoofer dan amplifier. Jadi kesan ruang masih tetap terjaga hanya penambahan aklirik.

audio mobil

Audio Mobil Kabin Belakang Honda HRV

Untuk menghadirkan suara low frequensi dari subwoofer, Steven mengaplikasikan subwoofer pada ruang ban cadangan untuk bentuk boks yang digunakan. Boks dibuatkan jenis sealed yang ukurannya disesuaikan dengan rekomendasi dari pabrikan. Subwoofer melansir lebelan RS Audio Competition Series dengan ukuran 10 inch.

subwoofer

Subwoofer Honda HRV

Spesifikasi:
• Head Unit: OEM HRV  • Front Speaker: BeWith Accurate  • Processor: BeWith State A6 • Amplifier:  o Abyss mini AA 4chennel o Twister F2.190 2channel • Subwoofer: RS Audio Competition Series 10 inch • Kabel: Tchernov • Peredam: STP Gold Series dan STP Splen

audio mobil

Audio Mobil Honda HRV Belakang

Warehouse: AJM Audioworks
Owner: Mr. Jui

audio mobil

Audio Mobil – Photo Session

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *