Select Page

MODIFIKASI AUDIO MOBIL HONDA JAZZ: “UBAHAN SQ HASIL OPTIMAL”

MODIFIKASI AUDIO MOBIL HONDA JAZZ: “UBAHAN SQ HASIL OPTIMAL”

Memaksimalkan modifikasi audio mobil untuk kebutuhan kontes pastinya banyak menguras keringat dan ide. Seperti yang dilakukan pada modifikasi audio mobil Honda Jazz racikan workshop AWR Audio.

Soundmotion – Meracik ubahan sistem audio mobil bawaan pabrikan tidak harus sembarang dengan mengikuti perkembangan jaman, apa lagi juga kebutuhan mobil demo dengan konsep sound quality (SQ). Hal ini yang diciptakan oleh Welly punggawa gerai AWR Audio yang memodifikasi audio mobil kesayangan menjadi mobil demo workshop.

Audio Mobil Honda Jazz

Audio Mobil Honda Jazz

“Selain menjadikan mobil demo untuk uji dengar bagi konsumen, mobil ini juga saya racik untuk ikut kontes audio mobil bergengsi,” terang Welly punggawa workshop dan mobil Honda Jazz. Alhasil, dengan kali pertama mobil Jazz ini jadi langsung mendapat tropy.

Demo Untuk Harian

Karena ini mobil diperuntukkan untuk demo dan juga kontes audio mobil bergengsi, Welly mengaplikasikan sistem penyuara bagian dengan konsep 3 way German Maestro CS-654010 yang simple dan tidak mengurangi faktor keamanan dan fungsional mobil. “Dalam penempatan midrange dan tweter, karena diusahakan tidak mengganggu segi pandang, yang bisa mempengaruhi faktor keselamatan,” tungkas Welly.

audio mobil

Audio Mobil Honda Jazz Front

Pilar A untuk bersarangnya tweeter dan juga midrange dibuatkan on-axis yang mengarah langsung pada telinga driver. ” Agar speaker optimal, penempatan harus ridgid, tidak boleh ada bocor, volume midrange harus sesuai dan cutting frequency harus tepat,” tambahnya. Sementara, untuk mengoptimalkan kinerja dari midbass, Welly mensiasatinya dengan membuatkan konsol dari bahan MDF dan peredaman agar rigiditas midbass mampu dimaksimalkan.

front speaker

Audio Mobil Honda Jazz Front Speaker

Selain itu, head unit selaku source pembaca format musik juga mengalami perubahan dari bawaan pabrikan. Welly mengganti konsol head unit dengan menggunakan Pioneer AVH-8750BT yang bersifat double din. Processor eksternal pun turut diaplikasikan dengan menggunakan Venom Pandora MKII.

Head Unit

Head Unit Pionner

“Head unit dan processor memegang peranan sangat penting dalam sistem di mobil, karena mereka yang memproduksi suara. Ditambah situasi kabin mobil yang tidak bagus untuk audio, sehingga perlu alat (processor) untuk mengantisipasi masalah yang ada,” jelas Welly.

Treatment Kabin Jazz

Peredaman dalam kabin Jazz Welly tentu saja diaplikasikan juga sangat baik, karena peredaman juga sangat menopang sistem audio mobil bisa lebih optimal. ” Peredam full body, gunanya untuk mengurangi bising dari luar dan membuat bass lebih solid dan speaker lainnya leboh optimal,” tungkas Welly.

Venom Pandora

Processor Venom Pandora

Selain itu, kelistrikan dalam kendaraan pun menjadi perhatian Welly. “Kelistrikan 1kabel utama dari ACCU, di sikring. Lalu di pecah dengan distribution blok yang juga terdapat sikring. Tujuan agar aman bila terjadi konsleting listrik. Ukuran sikring harus sesuai dgn besar kabel,” tambahnya.

Dua Amplifier Pilihan Tepat

Penggunaan power amplifier yang digunakan untuk mendrive keseluruhan perangkat penyuara, Welly menyematkan 2 amplifier 4channel lebelan Phonix Gold dengan seri RX 400.4. Masing-masing amplifier ini mempunyai kinerja yang berbeda dalam oprasionalnya, ” untuk sistem full active 2channel tweeter, 2channel midrange, 2channel midbass dan 2channel untuk subwoofer,” ungkap Welly.

Audio Mobil

Audio Mobil Jazz AWR – Bagasi

Dalam menghadirkan low frequency dalam kabin Jazz Welly, subwoofer Phonix Gold SX 12 inch bersarang pada buritan kabin. ” Box tipe sealed boks, guna agar volume lebih kecil dan besar volume disesuaikan dengan spesifikasi si subwofer itu sendiri,” tutup Welly saat menjelaskan sistem yang dianut pada team soundandmachine.com.

phoenix gold

Amplifier Phoenix Gold

Spesifikasi:
• Head Unit: Pioneer AVH-8750BT • Processor: Venom MKII Pandora • Front Speaker: German Maestro CS-654010 • Amplifier: Phonix Gold RX 400.4 (2 Unit) • Subwoofer: Phonix Gold SX 12inch • Kabel: Tchernov Original IC (full)

audio mobil

Audio Mobil Honda Jazz

Warehouse: AWR Audio
Owner: Welly

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *