Select Page

MODIFIKASI AUDIO MOBIL TOYOTA FT86: “RAJA DIKELAS EXPERT OEM”

MODIFIKASI AUDIO MOBIL TOYOTA FT86: “RAJA DIKELAS EXPERT OEM”

Modifikasi audio mobil sport Toyota FT86 yang satu ini justru merajai dikelas OEM dengan melansir perangkat aftermarket didalamnya dan menghasilkan prestasi terbaik 1st place Indonesia Champion Expert OEM dan 1st Place Asia Final 2015 Expert OEM.

Soundmotion – Mengaplikasikan sistem audio mobil dengan sejumlah perangkat aftermarket line-up pastinya mempunyai tingkat kepuasan tersendiri. Terlebih lagi jika kendaraan kesayang pun menjadi juara dalam kontes bergengsi Tanah Air. Hal ini yang dialami oleh kendaraan Toyota FT86 dengan modifikasi audio mobil tunggangan Suan Kurniawan.

Front-Cabin-FT86-Mobiltronik-Surabaya
Ricky Ekowidodo yang akrab disapa Ricky selaku punggawa dari workshop Mobiltronik Surabaya dan juga eksekutor modifikasi audio mobil tunggangan Suan Kurniawan. “Yang menarik ini mobil sport,” ungkapan pertama dari Ricky saat akan menceritakan sistem dari Toyota FT86. “Mobil ini dikhususkan untuk kontes OEM dan hasilnya bisa menghasilkan prestasi terbaik 1st place Indonesia Champion Expert OEM dan 1st Place Asia Final 2015 Expert OEM,” tambahnya.

Front-Speaker-FT86-Mobiltronik-Surabaya

Treatment OEM Sistem

Tantangan sang installer dalam mengaplikasikan sistem front speaker German Maestro M Line 3 way dengan konsep OEM, “karenakan posisi speaker yang harus menggunakan tempat OEM dengan metode speaker OEM speaker (menghadap keatas, dalam dasbor),” terang Ricky pada team soundandmachine.com.


Treatment sistem OEM diposisikan pada peletakan tweeter dan juga midrange yang berada pada dasbor dari Toyota FT86, sedangkan posisi midbass cendrung masuk ke dalam sektor kaki mempunyai tingkat kesulitan tersendiri. “Untuk midrange menggunakan housing alumunium dan midbass menggunakan aperiodic alumunium, dikarenakan mobil sport seperti Toyota FT86 yang mempunyai tingkatan getaran cukup tinggi,” terangnya.


Urusan pemutar musik yang diaplikasikan pada konsol dasbor head unit, Ricky menyematkan head unit single din lebelan Alpine IVA D800. Processor eksternal pun turut dibenamkan pada kabin Toyota FT86 ini. “Perlu pengunaan processor sebagai “otak management suara” yang Kita inginkan. pemilihan processor jatuh pada Alpine H800,” jelas Ricky.

Duo-Amplifier-Focal-FT86-Mobiltronik-Surabaya
Penggunaan peredaman disemua bagian pintu mobil, mulai plafon, flooring, dan pintu. bertujuan menjadikan mobil lebih kedap dan “diam”. Serta urusan kelistrikan, Ricky melakukan pemilihan kabel yang bermutu tinggi bagi Toyota FT86 ini.

4 Amplifier Mumpuni

Sebagai pensupply tenaga bagi keseluruhan penyuara yang diaplikasi dalam Toyota FT86 ini, Ricky membenamkan 4 unit amplifier lebalan Focal. Masing-masing amplifier antara lain 3 amplifier Focal FPS 2300 dan 1 amplifier Focal FPS 1500. “3 amplifier Focal FPS 2300 untuk mengakomodir masing-masing speaker bagian depan, seperti tweeter, midrange, dan midbass,” ungkap Ricky.

Rear-Kabin-Belakang-FT86-Mobiltronik-Surabaya
Sedangkan, 1 unit amplifier Focal FPS 1500 guna mendrive satu subwoofer Focal 27KX yang berada pada buritan Toyota FT86. “Penggunaan boks menggunakan sealed boks, dikarenakan menggunakan subwoofer Focal yang dimana menggunakan boks sealed sudah sangat bagus,” tambahnya.

Subwoofer-Rear-FT86-Mobiltronik-Surabaya
Sistem yang mumpuni dengan treatment yang apik dan juga setting suara yang memadai, pastinya akan membuahkan hasil yang optimal. Alhasil, kontes yang digeluti pun akan membuahkan prestasi yang membanggakan dengan menjadi Raja dikelas Expert OEM.

Amplifier-Rear-FT86-Mobiltronik-Surabaya

Spesifikasi:
• Head Unit: Alpine IVA D800 • Prosesor: Alpine H800 • Front Speaker: Speaker German Maestro M Line 3Way • Amplifier:  o Focal FPS 2300 3pcs o Focal FPS 1500 1pc • Subwoofer: Focal 27KX • Kabel: o RCA Tchernov Reference o Speaker Tchernov ori2

Bagasi-FT86-Mobiltronik-Surabaya

Warehouse: Mobiltronik Surabaya
Owner: Suan Kurniawan

View-Rear-FT86-Mobiltronik-Surabaya

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *