Select Page

MODIFIKASI TOYOTA FT86 : PRIORITAS TOP SPEED DAN TORSI LINEAR

MODIFIKASI TOYOTA FT86 : PRIORITAS TOP SPEED DAN TORSI LINEAR

Meski basiknya Toyota FT 86 ini mengusung transmisi otomatis dan buat penggunaan harian, hobi modifikasi mobil sang empunya tetap mampu melahirkan motivasi untuk melakukan ubahan mesin yang terarah dan totalitas, dibuktikan dengan torehan output tenaga mesin 254.9 daya kuda diatas roda tanpa kehilangan fungsi kendaraan harian.

Toyota FT86 - Supercharger

Toyota FT86 – Supercharger

Toyota FT86 kembaran Subaru BRZ ini kian menjadi favorit para pecinta mobil sport dua pintu. Tak terkecuali Ongky yang juga telah memilih Toyota FT86 berkelir velocity orange ini jadi besutan hariannya.
“Toyota FT 86 itu handling, desain dan gen keseluruhannya bagus, tapi tenaganya kurang banget, jadi saya termotivasi melakukan modifikasi di sektor mesin untuk meningkatkan performanya,” ungkap Ongky.
Langkah modifikasi mobil besutannya ini terfokus di sektor mesin dilakukan lewat bantuan Sonny, owner sekaligus head mekanik dari bengkel CPNK Motorsport yang bermarkas di bilangan Jakarta Timur.

Crawford Short Block + Supercharger

Modifikasi Toyota FT86  dimulai pada blok mesin bagian bawah (short block) yang diganti dengan produk lansiran Crawford Performance. Jeroannya seperti piston juga diganti dengan Parillo piston, sedangkan connecting rods mengandalkan lansiran Pauter untuk daya tahan yang lebih mumpuni agar modifikasi Toyota FT86 makin maksimal.

Toyota FT86  - Supercharger Kraftwerkz

Toyota FT86 – Supercharger Kraftwerkz

Hal tersebut tentunya dilakukan untuk memastikan mesin siap meladeni putaran mesin yang tinggi, karena dari awal telah berniat memasang supercharger Kraft Werk Rotrex.

Supercharger Rotrex Kraftwerkz

Supercharger Rotrex Kraftwerkz

“Dalam modifikasi Toyota FT86 ini saya pesan engine block Crawford utuh dan mengganti parts internalnya, karena saya mau boost agak tinggi, kalau block standarnya gak’ kuat untuk settingan boost yang tinggi. Memilih supercharger daripada turbocharger karena butuh top speed, kalau turbo torsi nonjok di putaran mesin bawah tapi diatasnya loyo. Superchargernya juga saya pilih yang bisa kasih torsi linear dari putaran rpm bawah sampai atas,” jelasnya lebih lanjut.

Perkuat Valve dan Transmisi

Pada head blocknya, komponen di sistem valve dibuat lebih tangguh lagi dengan aplikasi parts racing dari Ferrea. Tak terlewat, porting and polish untuk menyempurnakan proses pengabutan bahan bakar juga dilakukan lewat tangan handal mekanik CPNK Motorsport.

Toyota FT86 -Supercharger___
Mengingat Toyota FT86 miliknya mengusung transmisi otomatis, Ongky langsung mengaplikasikan transmisi lansiran SSP Performance sebagai langkah menghindari transmisi otomatis bawaan pabrik ‘rontok’ akibat tidak kuat menanggung beban tenaga mesin yang kian meningkat.

ECU Reflash

Modifikasi mesin mobil yang penuh totalitas sudah pasti sangat sistematis, tiap bagian pasti disesuaikan kembali sesuai perubahan yang ada. Pada sistem pengapian dan suplai bahan bakarnya Toyota FT 86 besutan Ongky ini sudah disesuaikan untuk kesempurnaan pembakaran sesuai kebutuhan mesin.

Toyota FT86 -Interior

Toyota FT86 Interior

Peranan koil standar sudah digantikan dengan produk dari Okada, sedangkan injector mengandalkan yang berkapasitas 750 cc. Selanjutnya, ECU sudah pasti harus di sesuaikan kembali.

Toyota FT86 -Interior_
Disini ECU standar Toyota FT 86 ini tetap diberdayakan dengan mengubah data log lewat reflash Ecutek. Bicara hasil akhirnya dibuktikan lewat mesin dyno di bengkel KS Nusa, dengan settingan boost 13 psi atau sekitar 0.9 bar, output tenaga mesin melonjak naik hingga 254.9 daya kuda diatas roda, dimana tenaga standar Toyota FT86 hanya sekitar 125 hp.

Toyota FT86 -Interior___
Dengan lonjakan tenaga yang drastis itu, modifikasi Toyota FT86 ini tetap mempertahankan rasa aman dan nyaman untuk dipakai sehari-hari menemani aktifitas sang pemilik. “Torsinya di peak 6500 rpm, limiternya kemarin dibuat di 250 km/h. Tenaganya sadis kalau sudah diatas 150 km/jam..naik terus kecepatannya dan gampang banget menyentuh 250 km/jam,” cerita Ongky mengakhiri sesi wawancara.

Spesifikasi :

Mesin :

Engine Block Crawford, Supercharger Kraft Werk Rotrex. Transmisi SSP Performance, Carillo Piston. Pauter Connecting Rods. Cometic Head Gasket. Ferrea Valve o/s 1 mm. Ferrea Valve Spring. Titanium Retainer Ferrea. Special Custom Head + PnP. Busi HKS. Okada Ignition Coil. Radiator SARD. Radium Oil Catch Tank. Bubble Tank Cusco. Injector Excited 750 CC. Oil Cooler Kraft Werk. P Tuning Header. SSP Matic Cooler.

Kaki-Kaki :

Cusco Full Brace Kit. Ray G25 Rims. Pirelli P Zero Tyres. AP Racing Big Brake Kits.Lower Arm Kit White Line. Energy Suspension Bushing Kit. Ohlins Shock Absorber

Eksterior :

Body Kit TRD. Wing Wald

Interior :

AEM Wideband Failsave Gauge (Boost & AFR). Innovate Motorsport MTX-D Oil Pressure & Temperature Gauge.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *