Select Page

SQ ISTIMEWA SUARA DAN PRESTASI

SQ ISTIMEWA SUARA DAN PRESTASI

Modifikasi kendaraan yang satu ini memang terbilang sangat unik, selain di racik untuk kebutuhan demo car Toyota Scion BB ini juga menjadi jawara diajang kontes audio mobil bergengsi.

Soundmotion – Jika menilik sekilas pada bentuk kendaraan yang satu ini memang terbilang sangat unik, pasalnya dengan bentuk kabin yang terbilang kecil ini mampu menghasilkan suara nan mewah. Untuk itu team soundandmachine.com menjajal modifikasi audio mobil yang telah teraplikasi didalamnya Toyota Scion BB racikan workshop Bronson Audio.

Toyota-Scion-BB-Bronson-Tampak-depan-dan-Piala

Olah Suara Head Unit v Processor

Penggantian head unit Kenwood KDC 01 supaya mendapatkan warna suara dan karakter yang diinginkan sesuai selera dan penambahan processor Mosconi 6to8V untuk mengatur Crosover , TA, EQ supaya dapat mengoptimalkan suara speaker dan menata panggung suara.

Toyota-Scion-BB-Bronson-Head-Unit-dan-Controller

Usung 3 Way Flux

Untuk mendapatkan tonal dengan panggung suara yang solid, ada beberapa hal yang dilakukan oleh Teddy selaku punggawa workshop pada penyuara bagian depan yang menggunakan Tweeter Flux RC, Midrange Flux MC Comp, Woofer Flux MC Comp.

Toyota-Scion-BB-Bronson-Tampilan-Kabin-Depan
“Tantangannya di panel pintu posisi mid bass, karena tidak mau mengorbankan sesuatu yang nantinya akan merusak kondisi standard bawaan mobil yang tidak bisa utuh lagi seperti kondisi sebelumnya”, ungkap Teddy. “Placement dan angle speaker, kabel, juga amplifier yang mempunyai karakter yang bisa mendukung karakter speaker tersebut,” tambahnya.

Toyota-Scion-BB-Bronson-Pilar-Tweeter-dan-Midrange
Penggunaan peredam di seluruh bagian body Toyota Scion BB, panel juga dashboard mobil. “Untuk lapisannya 2-3 lapis dengan tujuan supaya dapat meminimalkan pantulan suara agar lebih kedap dan vibrasi dari body mobil terutama pada saat speaker bunyi. Juga mengurangi suara mesin yang masuk ke kabin” terang Teddy pada team soundandmachine.com.

Toyota-Scion-BB-Bronson-Midbass-di-doortrim

Cermati Arus Supply Penyuara

Untuk kelistrikan penggunaan wiring berukuran 2 AWG dari ACCU ke fuse, ground ACCU berukuran 4 AWG dari fuse ke masing – masing amplifier dan ground amplifier. Untuk processor menggunakan wiring berukuran 12 AWG . Tujuan keseluruhannya supaya masing – masing perangkat tersebut mendapat supply yang cukup.

Toyota-Scion-BB-Bronson-Dua-Amplifier
Pengggunaan amplifier yang berjumlah 2 unit 4 channel lebelan Flux Evo 100.4 tentunya memiliki peranan yang berbeda untuk mendrive penyuara yang teraplikasi dalam Toyota Scion BB ini. Satu amplifier masing-masing channelnya bertugas 2 channel untuk tweeter, 2 channel untuk midrange. Sedangkan, satu amplifier lainnya 2 channel untuk midbass, 2 channel untuk subwoofer Flux SB 25 dengan system bridge.

Toyota-Scion-BB-Bronson-Amplifier
Sedangkan untuk bersarangnya subwoofer Flux SB 25, Teddy mensiasatinya dengan membuatkan boks berjenis sealed dengan ukuran 0,8 cu/ft. “Tujuannya supaya mendapat respon sub bass yang impact dan lower sub yang control”, tutup Teddy.

Toyota-Scion-BB-Bronson-Teddy-Bronson

Spesifikasi:
• Head Unit: Kenwood KDC 01
• Processor: Mosconi 6to8V
• Front Speaker:
o Tweeter Flux RC
o Midrange Flux MC Comp
o Woofer Flux MC Comp
• Amplifier:
o Flux Evo 100.4 (2 Unit)
• Subwoofer: Flux SB 25
• Sound Damper: STP
• Wiring: Flux

Toyota-Scion-BB-Bronson-Tampak-Belakang

Warehouse: Bronson Audio
Owner: Teddy

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *