Select Page

Modifikasi Audio Mobil Honda CR-V : Kualitas Suara Hadirkan Kenyamananan

Modifikasi Audio Mobil Honda CR-V : Kualitas Suara Hadirkan Kenyamananan

Nyaman memang memiliki makna yang sangat luas, namun kalau kita korelasikan dengan Dunia audio mobil, titik beratnya adalah “Suara Berkualitas”. Tentunya kuliatas yang dimaksud adalah hasil kombinasi dari diskusi dan edukasi dari sang installer dengan selera sang pemilik mobil. Jika hal tersebut sudah satu pandangan maka berlanjut ke pemilihan produk.

MODIFIKASI-CRV-SQ-PALU-2

Audioworkshop Palu kedatangan Hendrawan warga Kabupaten Donggala, yang membawa Honda CR-V putih dengan pesan, “saya ingin nyaman mendengarkan suara didalam mobil saya,”ucap Thomas, Installer Audioworkshop Palu menirukan perkataan Hendrawan. Thomas pun berbincang dengan sang customer dan akhirnya sepakat untuk menghadirkan aliran Sound Quality (SQ) yang didukung brand DLS.

MODIFIKASI-CRV-SQ-PALU-4

Rekomendasi pertama Thomas adalah mengganti head unit standar pabrikan dengan produk aftermarket lansiran Sony. Menurut installer muda ini, head unit yang bertugas sebagai sumber utama suara sangat penting diganti dengan yang lebih baik, untuk mendapatkan hasil suara yang optimal.

SPEAKER 3 WAY DENGAN SLEEP MIDRANGE

Speaker 3 Way dengan formasi driver tweeter, midrange, dan midbass lansiran DLS dipilih Thomas, lantaran dengan model speaker sperti ini dapat menghadirkan pembagian suara yang lebih lengkap antara high frekuensi, mid, hingga sub bass, sehingga lagu bisa terdengar lebih hidup.

MODIFIKASI-CRV-SQ-PALU-3

“Treatmen Midrange saya buat dengan angle menghadap atas atau istilah kerennya sleep midrange, untuk mengejar suara vocal penyanyi focus berada ditengah dashboard. Selain itu untuk membuat panggung terasa lebar, yang pasti tujuan akhirnya seperti awal memberi kenyamanan dengan suara yang berkualitas,”ujar Thomas.

MODIFIKASI-CRV-SQ-PALU-5

KOSMETIK BAGASI NYAMAN DIPANDANG

Ketika membuka bagasi belakang mata langsung disambut dengan kosmetik yang simple dan tetap fungsional meletakan barang bawaan. Di area ini, Thomas menyusun apik subwoofer, power amplifi er passive serta processor.

MODIFIKASI-CRV-SQ-PALU-6

Perpaduan antara akrilik dengan boks yang dibungkus pelapis serta tata letak perangkat membuatnya nyaman dipandang. Subwoofer yang ditugaskan untuk menyeburkan frekuensi low bass diletakan manis di tengah. Untuk boksnya menggunakan model sealed dengan nyaman dipandang.

MODIFIKASI-CRV-SQ-PALU-8

Untuk boksnya subwoofer menggunakan model sealed dengan berbagai treatmen yang ditujukan untuk menghasilkan dentuman bass yang enak dan bersih. Sementara power amplifier yang diletakan indah dengan casing terbuka dan terlindungi akrilik bening ditugaskan untuk memdrive speaker maupun subwoofer agar lebih bertenaga. Untuk mendrive speaker depan menggunakan power 4 kanal dan subwoofer didongkrak dengan power monoblok.

TUNING PAKAI PROCESSOR

Sentuhan akhir untuk menghasilkan “Suara Berkuliatas” adalah sebuah tuning dari sang Installer. Buat hal ini Thomas dibantu dengan tools bernama Digital Signal Processing (DSP) lansiran Alpine. “Passive crossover bawaan speaker dapan tetap saya pertahankan, namun untuk menghasilkan suara lebih berkualitas plus baik, seperti staging dan imaging dan lainnya, tetap pada sentuhan processor,”tutup Thomas.

MODIFIKASI-CRV-SQ-PALU-9

Spesifikasi :  Head Unit Sony XAV-712BT, Speaker 1 Set DLS 3 Way Subwoofer DLS 12 inchi, Power Amplifi er DLS XM40,  Power Monoblok DLS, Processor Alpine PXA-H800, Kabel Speaker dan RCA Pitch and Timbre.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *