Select Page

MODIFIKASI AUDIO MOBIL HONDA FREED: ‘LANGKAH HADIRKAN SUARA PILIHAN’

MODIFIKASI AUDIO MOBIL HONDA FREED: ‘LANGKAH HADIRKAN SUARA PILIHAN’

Midbass dibuat sistem aktif seperti subwoofer untuk dapatkan time correction yang tepat pada driver tweeter dan midrange-nya serta untuk keleluasaan setting slope.

Modifikasi Audio – Proses upgrade dari sistem audio standar ke instalasi sistem custom pada Honda Freed ini dilakoni langsung oleh David dari Extreme Audio dengan proses 10 hari. Sebagai konsepnya, Lim Cipto selaku sang pemilik menyetujui untuk diterapkan sistem audio bergenre sound quality (SQ). Head unit standard OEM digantikan langsung dengan Clarion HX-D2.

HondaFreed-ExtreamAudio-Tampilan-Depan
Mendukung sistem SQ yang diterapkan, agar frekuensi suara dapat diatur lebih detail untuk hasil suara yang optimal sesuai selera pemiliknya , David merangkaikan satu unit processor dan mempercayakan pada processor VOX 8 Channel ke dalam sistem.

HondaFreed-ExtreamAudio-Tampilan-Dalam-Kabin-Tengah

Improvisasi Untuk Settingan Optimal

Sebagai speaker depan pilihannya, Flux RC 361 dipasangkan oleh David. Speaker tersebut merupakan satu set sistem 3 way, namun untuk metode instalasinya sedikit dilakukan improvisasi. Driver tweeter dan midrangenya dipasangkan dengan tetap menggunakan jalur pasif crossover, sedangkan untuk midbassnya dibuat sistem aktif.

HondaFreed-ExtreamAudio-Tweeter-Midrange
“Kalau midbass pakai pasif gabung sama midrange dan tweeter jadi gak’ bisa main time correctionnya. Dengan midbass aktif main slopenya juga jadi lebih enak,” ungkap David.

HondaFreed-ExtreamAudio-MidassFlux
Buat kebutuhan suara pada frekuensi rendah alias bassnya agar bisa selaras dengan speaker depannya, subwoofer Crescendo Etude 2.10 jadi ujung tombaknya. “Subwoofer Crescendo Etude 2.10 karakternya lebih low dan deepnya bagus,” tambahnya. Oleh David kinerja subwoofer dimaksimalkan dengan disematkan pada box sealed dengan volume 0.8 cu/ft.

Install Amplifier Mosconi

Dengan sistem yang sudah mengaplikasi speaker dan subwoofer yang mumpuni soal suara di genre sound quality, tentunya urusan amplifiernya juga perlu mengandalkan produk yang mumpuni soal kualitasnya. Disini David mempercayakan 2 unit amplifier dari brand lansiran Italia, yaitu Mosconi. Untuk menghandle kinerja midbass dan subwoofernya digunakan Mosconi AS 200.4, sedangkan untuk tweeter dan midrange dihandle langsung oleh Mosconi AS 100.4.

HondaFreed-ExtreamAudio-AmplifierMosconi
Setelah urusan suplai daya, David mengakhiri instalasi sistem di Honda Freed ini dengan melakukan setting suara melalui processor. “Tweeter 5 kHz slope 12dB, midrange 400 Hz 12dB dan low pass 2.5 Hz, midbass high pass 63 Hz slope 12dB dan low pass 250 Hz slope 12dB juga, untuk subwoofernya 50 Hz di slope 24dB,” tutup David.

HondaFreed-ExtreamAudio-HeadUnit-Clarion

Spesifikasi :
Head Unit : Clarion HX-D2. Processor : Vox 8 Channel. Speaker depan : Flux RC 361 3 Way (1 Pair). Power Amplifier : Mosconi AS 200.4, Mosconi 100.4. Subwoofer : Crescendo Etude 2.10 ( 1 Unit).

HondaFreed-ExtreamAudio-Dalam-Kabin-Samping

Workshop: Extreme Audio
Owner: Lim Cipto

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *