Select Page

Modifikasi Audio Mobil Ferrari F430 Spider : Super Car Audio

Modifikasi Audio Mobil Ferrari F430 Spider : Super Car Audio

Makassar, SoundandMachine.com – Ruang yang terbatas, bisingnya suara knalpot, jadi Pe-Er yang harus ditanggulangi oleh Alex dari Audio Workshop Makassar ketika kedatangan Tonni A dengan Ferrari F430 Spider. Dengan keyakinan ditambah pengalaman sang installer, semua tugas tersebut dapat dituntaskan dengan baik dan sang owner pun terpuaskan.

Ferrari-F430-Audio-Mobil-2

Dalam magatasi tantangan tersebut, mari kita petakan satu – persatu apa yang dilakukan Alex selaku installer. Tapi sebelum memulainya, SNM Reader harus tau kalau Supercar ini memiliki sepsifikasi mesin yang gahar. Ferrari F430 Spider dibekali dengan mesin V8, 4308cc, DOHC, 32 Valve, dengan output tenaga 483 Hp. Exhaust system-nya sudah di upgrade pakai brand Novitec, otomatis tenaganya meningkat begitu juga suaranya yang makin menggelegar.

Lawan Suara Knalpot Dengan Bass

Buat mengimbangi suara knalpot yang menggelegar Alex memilih aliran audio Sound Quality Loud (SQL), nah! pada genre ini, suara bass terdengar dominan namun instrumen musik lain tetep terdengar jelas. “Alirannya SQL Daily, kemudian suara bass-nya harus mengalahkan kerasnya suara knalpot khas Novitec,”ujar Installer bersahaja ini.

Ferrari-F430-Audio-Mobil-7

Tiga Unit Subwoofer Diruang Super Sempit

Untuk menghasilkan low bass yang enak dan bertenaga sesuai keinginan sang owner, sekiligus berfungsi melawan suara knalpot, Alex harus menurunkan 3 unit subwoofer lansiran Dominations dari rak di tokonya. Lagi – lagi Alex harus berhadapan dengan tantangan, yakni ruang yang terbatas dan super sempit.

Ferrari-F430-Audio-Mobil-3

Karena ruang super sempit ditambah pemakaian subwoofer sebayak 3 unit, Alex memilih bahan untuk boks yang tipis. “Saya gunakan papan MDF untuk boks yang hanya memiliki ketebalan 10mm. Namun hal tersebut tidak masalah, karena subwoofer Dominations Elite Series ES10ZB berukuruan 10 inchi memang khusus untuk kondisi boks super tipis. Untuk treatment boks dilapisi serat fiber serta damping, hasilnya suara bass menjadi maksimal,”Jelas Alex.

Pakai Speaker 2 Way Berkarakter Garang Namun Merdu

Jika bass dari subwoofer sudah sanggup melawan suara kenalpot, untuk speaker depan juga harus menyesuaikan, oleh karena itu pilihan jatuh pada speaker 2 Way split Dominations RS62. “Speaker ini memiliki midbass dengan konus kevlar dan tweeter berkonus metal, suaranya garang tapi tetap merdu didengar. Dengan begitu speaker ini perfect untuk kondisi Ferarri, sebagai lawan suara knalpot dan raungan mesin berkapasitas  4308cc,” ungkap sang Installer.

Ferrari-F430-Audio-Mobil-4

Head Unit Sekaligus Buat Setting

Head unit berlabel Pioneer P99RS menjadi sumber suara yang dipilih Alex karena memiliki banyak kelebihan. “Pertimbangan dalam memilih head unit adalah suara yang dihasilkan baik, serta fiturnya sudah lengkap karena built-in processor dimana dibutuhkan untuk setting yang akurat,”ucap Installer Hasil Telusur yang juga pemilik Bengkel Coffee Makassar.

Ferrari-F430-Audio-Mobil-5

Untuk mendongkrak kinerja driver, Alex mengandalkan power amplifier 4 channel Focal FD 4.350 untuk mendrive speaker depan dan power Focal FD 1.350 untuk membuat subwoofer agar lebih bertenaga.

Ferrari-F430-Audio-Mobil-6

Fashion Dan Suara Menyatu Dengan Baik

Setelah melewati berbagai tantangan, baik owner maupun Installer merasa senang, “suaranya pas dan sangat cocok sekali dengan selera sang owner. Tugas saya tuntas dengan baik, owner puas dan sangat senang. Walhasil fashion dan suara menyatu dengan baik di Ferrari-nya,”tutup Alex Audio Workshop Makassar.

Spesifikasi : Head Unit Pioneer P99RS, Speaker Depan 2 Way Dominations RS62, Subwoofer Dominations Elite Series ES10ZB, Power Focal FD 4.350 dan Focal FD 1.350.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *