Select Page

MODIFIKASI AUDIO MOBIL HONDA JAZZ: ‘GEBUKAN BASS SOLID HADIR DALAM JAZZ’

MODIFIKASI AUDIO MOBIL HONDA JAZZ: ‘GEBUKAN BASS SOLID HADIR DALAM JAZZ’

Modifikasi pada sektor eksterior sudah dilakoni, kini giliran sistem audio mobil yang sudah teraplikasi dengan konsep sound quality loud dengan perangkat aftermarket yang ‘WOW’.

Jakarta, Soundandmachine.com Sekilas melihat eksterios dari Jazz yang dibungkus sticker merah ini sudah terbilang sangar, setelah tim soundandmachine.com menilik pada bagian interior apik pula dengan balutan bungkus jok, dasbor, serta bagian buritan kabin Jazz. Pada sistem yang memanjakan telinga Ferdi juga ingin saat berkendara terasa nyaman. Modifikasi audio mobil pun dilakoni dengan mengusung konsep SQL Daily.


Selain nantinya sebagai kendaraan harian, Honda Jazz ini juga akan menjadi salah satu mobil demo untuk workshop AutoDoc yang berada dibilangan Jelambar, Jakarta Barat. “Mobil ini memang Saya dedikasikan untuk kendaraan demo, yang nantinya customer bisa melihat dan mendengar sistem racikan toko Saya,” tungkas Ferdi selaku pemilik mobil dan juga punggawa workshop AutoDoc.

HondaJazz-AutoDoc-Kabin-Depan

Front Cabin Minimalis

Dalam meng-upgrade perangkat source yang akan digunakan dalam kabin Honda Jazz ini, Ferdi menyematkan head unit double din Pioneer AVH-1750DVD. Selain mampu menghadirkan dengan hiburan visual, setting suara yang dilakukan pada head unit ini pun sangat mudah. Urusan penyuara yang berada dilini depan juga tidak perlu merombak bagian pilar A.

HondaJazz-AutoDoc-Tweeter-Morel
Front speaker yang digunakan berupa sistem 2 way yang mengusung lebelan Morel Tempo, yang dirasa sangat cocok dengan sistem yang akan teraplikasi secara keseluruhan. Placement tweeter hanya dibuatkan rumah yang menempak pada sudut kaca segitiga bagian atas. “Pemasangan arahan tweeter tidak sebarangan, Saya buatkan off-axis agar suara merata pada bagian dalam kabin,” terang Ferdi.

HondaJazz-AutoDoc-Head-Unit-Pioneer
Midbass yang diaplikasikan masih menggunakan konsol original bawaan pabrikan Honda Jazz, namun teratment yang dilakukan sangat tepat untuk mensiasati agar kinerja midbass bisa optimal. “Sebelum pemasangan midbass, Saya pasangkan peredam dibagian tulangan bagian midbass selain itu juga bagian dalam doortrim juga menggunakan peredam,” jelas Ferdi pada tim soundandmachine.com

Rear Cabin Macth

Beralih pada bagian belakang kabin Honda Jazz, aura sound quality loud sangat terasa kental dengan memacingkan perangkat yang digunakan. “Bagian belakang untuk dapatkan tonal yang baik Saya kombinasikan dari perangkat speaker split DLS,” ucap Ferdi. Arahan dari penyuara split DLS yang digunakan sudah menjadi kuncian dari installer muda ini.

HondaJazz-AutoDoc-Kabin-Belakang-Jazz
Nuansa low frekuensi dan solid yang akan diciptakan Ferdi menggunakan 2 unit subwoofer yang melansir merek Rockford Fosgate pada seri P2 12 inch. Boks yang menjadi tempat bersarangnya 2 unit subwoofer 12 inch ini berjenis selead dengan ukuran kubikasi yang sudah menjadi pakem rekomendasi pabrikan.

HondaJazz-AutoDoc-Subwoofer-PowerAudioson
Bicara asupan daya yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan kinerja dari keseluruhan perangkat penyuara yang sudah teraplikasi, Ferdi gunakan 3 unit amplifier yang berbeda kanal. Salah satunya, 1 unit amplifier 4channel Audison LR 605XR bertugas mengakomodir tenaga pada 2 unit subwoofer.

HondaJazz-AutoDoc-Subwoofer-Rockford-Fosgate
Sementara, untuk 2 unit subwoofer Ferdi mensiasatinya dengan memberikan masing-masing amplifier Lightning Audio LA 1000MD untuk penyuara bagian depan dan belakang. “Sebelum suplai tenaga yang hadirkan dengan masing-masing amplifier untuk subwoofer, Saya juga menggunakan capasitor bank milik PCA 5 Farad,” tegas Ferdi.

HondaJazz-AutoDoc-Capasitor-Bank-PCA

Spesifikasi:
• Head Unit: Pioneer AVH-X1750DVD • Front Speaker: Morel Tempo • Rear Speaker: Split DLS • Amplifier: o 4 channel Audison LR 605 XR o Monoblok Lightning Audio LA 1000MD (2 Unit) • Subwoofer: Rockford Fosgate P2 12 inch (2 Unit) • Capasitor Bank: PCA 5 Farad

HondaJazz-AutoDoc-Subwoofer-JajaranPower-amplifier

Warehouse: AutoDoc
Owner: Mr. X

HondaJazz-AutoDoc-Kabin-Belakang-Jazz-Gaya-Samping

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *