Select Page

MODIFIKASI AUDIO MOBIL VW SCIROCCO: ‘SIGESIT BERSOUND QUALITY’

MODIFIKASI AUDIO MOBIL VW SCIROCCO: ‘SIGESIT BERSOUND QUALITY’

Tidak hanya kencang yang diinginkan dari owner VW Scirocco, dari sisi sistem audio mobilnya pun diinginkan hal yang berkelas sehingga keseluruhan penyuara mengusung one brand.

Jakarta, Soundandmachine.com Mengaplikasikan sistem audio afermarket pada mobil VW Scirocco menjadi tantangan tersendiri bagi workshop Bestbuddyshop.com yang dipunggawai oleh installer yang akrab disapa Afung. Pasalnya, mobil yang terbilang agak minim ruang kabin ini mampu dijejali dengan sistem sound quality (SQ). Hal yang menarik dari modifikasi audio mobil yang terinstall yaitu penempatan subwoofer di kabin depan tepatnya dibawah kiri dashboard, dan ban serap tetap berfungsi dengan sistem motorize pada rak power amplifiernya.

VWScirocco-BestBuddyShop.com-Edward-TampakDepan

Pikat Source Alpine

Untuk mengoptimalkan penyampai format lagu yang digunakan pada kabin Scirocco, Afung menyematkan head unit double din Alpine INE-Z928E dengan ukuran besar 8 inch. Selain itu, processor juga turut dibenamkan dalam kabin yang juga masih mengusung lebelan Alpine PXA-H800. “Penggantian head unit dikarenakan yang standart mobil dirasa kurang mumpuni untuk mereproduksi suara yang bagus. Penambahan processor tujuannya untuk mengolah sinyal suara supaya mendapatkan tonal acurasi dan tata panggung yang bagus,” jelas Afung.

VWScirocco-BestBuddyShop.com-Edward-HeadUnitAlpine

Sistem Modifikasi Audio Scirocco

Sistem penyuara yang diaplikasikan dalam kabin Scirocco ini dengan sistem 3 Way Focal yang komposisinya dibuatkan custom, yaitu Tweeter Focal Beryllium, Midrange Focal 3KRX3, dan Midbass Focal 6WS. “Untuk pemasangan speaker Kita memakai boks, housing dan panel aluminium, tujuannya biar rigid, awet dan ringan yang pada akhirnya suara speaker akan detail dan bersih,” tambahnya.

VWScirocco-BestBuddyShop.com-Edward-TampakBuritan
“Peredam hanya pada bagian pintu saja, 1 lapis pada setiap panel. Tujuan hanya untuk meredam getaran dipintu saja supaya suara yg dihasilkan speaker benar-benar bersih, karena hanya melakukan peredaman dipintu otomatis penambahan berat mobil tidak signifikan sehingga performa mobil tidak terpengaruh,” terang Afung.

VWScirocco-BestBuddyShop.com-Edward-MotorizedSistemBuritan
Penggunaan amplifier pada sistem audio mobil Scirocco ini menjejalinya dengan 2 unit amplifier lebelan FPS 4160 dengan kinerja yang berbeda setiap kanalnya. “Pakai 2 amplifier masing-masing 4 channel. Yang pertama untuk drive tweeter dan midrange, yang kedua untuk drive midbass dan Subwoofer,” jelas Afung.

VWScirocco-BestBuddyShop.com-Edward-FungsiBanSerepMasihAda
Ban serap tetap berfungsi dan perangkat audionya harus seringan mungkin, dikarenakan basiknya adalah mobil sport jadi tidak mempengaruhi performa mesinnya. Maka dari itu untuk boks subwoofer, rangka dan rak power amplifier memakai aluminium. Serta penempatan yang simetris supaya pendistribusian berat yang merata sehingga tidak mempengaruhi handling mobil.

VWScirocco-BestBuddyShop.com-Edward-AmplifierFocal
Untuk menghadirkan low frekuensi dan juga deep, penggunaan subwoofer pun menjadi perhitungan yang matang bagi Afung, oleh karena itu Focal P21 V2 turut diaplikasikan dalam kabin Scirocco. “Boks subwoofer menggunakan type sealed dengan volume 20 liter. Tujuannya ingin mendapatkan bass yang deep dan gesit,” tutup Afung saat wawancara bersama soundandmachine.com

VWScirocco-BestBuddyShop.com-Edward-Fuse

Spesifikasi:
• Head Unit: Alpine INE-Z928E 8″ • Processor: Alpine PXA-H800 • Front Speaker:  o Tweeter Focal Be o Midrange Focal 3KRX3 o Midbass Focal 6WS • Subwoofer Focal P21 V2 • Amplifier: o Power Focal FPS 4160 2 unit • Wiring: KS300 by Dominations Pitch&Timbre

VWScirocco-BestBuddyShop.com-Edward-TampakSamping

Warehouse: Bestbuddyshop.com
Owner: Edward

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *