Select Page

Farm Tuning Hadirkan Mesin Dyno Yang Lebih Presisi dan Mudah Untuk Tuning

Farm Tuning Hadirkan Mesin Dyno Yang Lebih Presisi dan Mudah Untuk Tuning

Jakarta, Soundandmachine.com – Workshop Farm Tuning yang berdomisili dibilangan Lebak Bulus, Jakarta Selatan baru saja mendatangkan mesin dyno lansiran Australia berlabel Mainline DynoLog dengan tipe MCD400L Series. Mesin dyno yang diperuntukan untuk kendaraan roda dua ini memiliki segudang keunggulan dibanding mesin dyno yang beredar kebanyakan di Indonesia.

Farm-Tuning-2

Menurut Muhammad Saiful Bahri, selaku tuner dari Farm Tuning mengatakan bahwa alat dyno ini memiliki tingkat presisi yang tinggi, hasil yang nyata, serta memudahkan untuk tuning lantaran memiliki fitur yang lengkap. Mendatangkan Craig Mahony teknisi dan oprator Mainline Australia, Farm Tuning menjajal beragam kemampuan dan fitur alat dyno test ini.

Farm-Tuning-3

“Salah satu yang terpenting dalam sebuah dyno adalah presisi, alat ini memiliki repeatability atau pengulangan dyno yang hampir tidak ada perbedaan hasil bahkan  hingga 5 kali run,” ujar Muhammad Saiful Bahri (30/7/2016).

Smart Dyno Technology

Farm Tuning menyebut alat dyno ini dengan julukan “Smart Dyno Technology” karena kemampuannya menganalisa berbagai masalah pada motor. “Ini adalah smart dyno, karena dari hasilnya kita bisa menganalisa misalnya, kita ingin komparasi Air–fuel ratio (AFR) dengan torsi, atau kita juga bisa melihat gejala slip kopling dengan membandingkan RPM Roll dengan RPM mesin,” Jelas Muhammad Saiful Bahri.

Farm-Tuning-4

Pintarnya lagi, mesin dyno ini dilengkapi dengan koreksi weather station, jadi dyno ini mau dibawa kemana saja, berada di ketinggian berapapun hasilnya akan sama. Alat ini suhunya sudah disamakan dengan suhu Detroid dimana pertama kali dyno ini distandarisasi.

“Selanjutnya Mainline DynoLog sanggup mengukur hingga tenaga maksimum 1000 Hp dan bisa juga mengukur dibawah dibawah 1 Hp, rentang-nya sangat besar dari skuter matic hingga motor ber-cc besar pun bisa, kita pernah melakukan dyno pada mobil kompetisi hemat energi yang hasilnya 0,8 Hp. Sementara torsi mencapai 1700 Nm,” ujar Bahri.

Mudah Untuk Tuning

Dari catatan atau laporan bisa ditindak lanjuti oleh Dynamometer untuk kebutuhan tuning.  “Dyno ini menggunakan metode eddy current dyno jadi memudahkan untuk tuning. Misalnya untuk men-hold RPM tertentu di kecepatan tertentu. Mainline juga kompatibel dengan 140 merk ECU yang beredar di Dunia,” ucap Bahri.

Kemudahan lainnya adalah bisa menggunakan online tuning, dan flash tuning, “jadi kita rubah data dulu dimasukan ke ECU kemudian kita run. Disini kelebihan kita juga adalah kita bisa mengeset target AFR dan bisa keluar angkanya sehingga bisa disetel berapa banyak bahan bakar yang bisa ditambahkan atau dikurangi,” jelas Bahri.

Selanjutnya hasil print out bisa dua, reference run dan run yang terakhir. Kita alat ini juga bisa mengestimasikan merk dyno lain seperti banyak dipakai di Indonesia yakni  DynoJet. “Jelas keuntungan kita adalah paling mudah untuk tuning bisa bandingkan AFR dengan RPM, AFR dengan Torsi, AFR dengan Power,” tukas Bahri.

Hasil Lebih Nyata

Angka Hourspower (Hp) yang dihasilkan dyno ini lebih kecil dari merk dyno lain, karena menggunakan wheels hourepower. “Angka yang dihasilkan lebih kecil karena power yang dihitung bersumber dari hasil putaran roda, kenapa begitu? karena kita naik motor tenaga yang keluar itu disalurkan ke roda, jadi 100 HP itu yah di roda hasilnya lebih real, ketika nanti kita menggunakan engine Hp angkanya akan keluar besar, tapi itu bukan yang sesungguhnya,” jelas Bahri.

Farm-Tuning-5

Knurling roller dengan permukan bergerigi dipakai untuk pijakan roda jadi tidak terpengaruh suhu begitu juga denga slip hampir tidak ada.

Bisa Tuning Supercharger

Perkembangan roda dua semakin pesat tidak hanya mobi, motor pun kini dibekali Supercharger.  “Motor seperti ada Supercharger seperti Kawasaki H2, kita bisa tuning boost-nya . Alat ini bisa tahan sampai boost 7 bar, orang paling pakai 2 bar,” ujar Bahri.

Selain mengadirkan Mainline DynoLog, Farm Tuning juga memiliki fasilitas untuk tuning body mobil atau timbangan mobil menggunakan alat bernama Intercomp-SW777RFX.  Untuk merchandise tersedia Hoonigan yang lekat dengan Ken Block. Ada juga beberapa merk ECU dan part lainnya.

Harga

Mengenai harga Farm Tuning membandrolnya beragam, tergantung paket yang diambil, “Untuk 3 kali power run Rp 300 ribu, rental 1 jam Rp 500 ribu, sementara untuk dyno tuning sampai ketemu Rp 1 Juta. buka setiap hari, namun untuk hari minggu dikontak dulu,” tutup Bahri.

Infoline : 021-22706787

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *