Select Page

Modifikasi Audio Mobil Toyota Innova: ‘Manjakan Keluarga Dengan Sistem Audio Jawara’

Modifikasi Audio Mobil Toyota Innova: ‘Manjakan Keluarga Dengan Sistem Audio Jawara’

Awalnya hanya ingin modifikasi sistem audio mobil untuk hiburan keluarga diperjalanan, akhirnya menjadi mobil jawara dikelas bergengsi.

Surabaya, Soundandmachine.com – Modifikasi audio mobil dalam Toyota Innova kali ini memang terbilang sangat unik, keinginan dari Mr. Bonny Djupar yang akrab disapa Bonny ini. “Hal yang paling menarik dari sistem audio mobil Innova ini yaitu menciptakan mobil Superior, namun tetap memperhitungkan penggunaan untuk keseharian sebagai mobil keluarga,” tungkas Ricky selaku punggawa workshop Mobiltronik Surabaya.

toyotainnova-mobiltroniksurabaya-pose-front
Sedangkan sistem audio mobil yang dianut dalam kabin Innova beralirkan sound quality dengan perangkat aftermarket yang sangat mumpuni. Oleh karena itu, beragam treatment menarik dan juga placement unik teraplikasi dalam kabin. Perangkat audio mobil aftermarket yang dibenamkan dalam kabin pun cukup mumpuni.

toyotainnova-mobiltroniksurabaya-focal-ultima

Susupi Perangkat Penyuara Pada Seri Tertinggi

Sektor source pemutar file musik yang dilakoni oleh installer ternama di Surabaya ini menjejali Innova dengan perangkat head unit lebelan Be With pada seri MM-1D. Head unit ini diyakini mampu mengaplikasikan file musik dengan format tertinggi seperti WAV, Flac, DSD (Direct Stream Digital). Processor yang digunakan dalam kabin Innova Mr. Bonny Djupar melansir lebelan Helix DSP Pro yang dirasa paling baik untuk memberikan warna suara yang bersih, presisi dan detail.

toyotainnova-mobiltroniksurabaya-kabindepan
“Menggunakan sistem penyuara tertinggi dari sebuah brand Focal seri tertinggi yaitu Focal Ultima 3 Way, serta dikombinasi dengan amplifier Sinfoni, menjadi tantangan seperti apa sih hasilnya,” ungkap Ricky menjelaskan pada tim soundandmachine.com. “Karena diameter speaker Focal Ultima besar dan tidak memungkinkan menggunakan sealed box didalam mobil Innova ini, dan juga dikarenakan owner yang menginginkan mobil tetap look original dan bisa dipakai sehari hari, maka menggunakan system boks Aperiodic untuk midrange dan misbass,” tambahnya.

toyotainnova-mobiltroniksurabaya-tweetermidrange-focal-ultima
Karena tunggangan Mr. Bonny Djupar ini beraliran diesel hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi installer asal Surabaya yang sudah memiliki jam terbang cukup tinggi dalam dunia audio mobil Tanah Air. “Untuk membuat mobil itu diam Saya menggunakan peredam STP Gold dan STP Liquidator. Untuk semua bagian dari mobil, termasuk firewall, plafon, dan floor,” tambah Ricky menjelaskan peredaman yang digunakan.

toyotainnova-mobiltroniksurabaya-midbass-focal-ultima
Perangkat amplifier aftermarket pun turut andil dalam kabin Mr. Bonny, Ricky menjejalinya dengan 3 unit amplifier Sinfoni Prodigio dan satu unit amplifier Sinfoni Desiderio. “Untuk amplifier yang digunakan pada sistem di mobil Mr. Bonny ini, Saya pakai 4 amplifier dengan bermain 2 channel tujuannya untuk bermain active,” jelas Ricky.

toyotainnova-mobiltroniksurabaya-amplifier-desiderio
Beralih pada low frequensi yang dihadirkan dalam kabin Innova Mr. Bonny, Ricky menggunakan subwoofer lebelan Focal pada seri 27KX. Jenis boks yang buat untuk bersarangnya subwoofer pada Innova ini berjenis sealed dengan ukuran 37 liter. Alhasil, low frequancy yang deep dapat dihasilkan dalam kabin.

toyotainnova-mobiltroniksurabaya-amplifier-sinfoni-prestigio
Karena modifikasi sistem audio mobil dari Innova Mr. Bonny ini sudah mengusung perangkat audio mobil jawara, maka tidak diragukan lagi mobil ini untuk turun dalam ajang kontes audio mobil bergengsi. Rentetan prestasi yang dihasilkan pun cukup membanggakan, antara lain 1st Master Unlimited Jogjakarta 26 September 2015, 3rd CAN Profesional Extreme 15 April 2016, 1st EMMA Pure Sound Unlimited Tangerang 29 Mei 2016, dan 1st CAN Profesional Extreme Denpasar 18 Juni 2016.

toyotainnova-mobiltroniksurabaya-eagle-shoot

Spesifikasi:
• Head Unit: BeWith MM-1D • Processor: Helix DSP Pro • Front Speaker: Focal Ultima 3 Way • Amplifier:  o Sinfoni Prodigio (3 Unit) o Sinfoni Desiderio (1 Unit) • Subwoofer: Focal 27KX (1 Unit) • Wiring: o RCA Tchernov Reference o Cable Tchernov Classic IC o Strum Ericsoon • Sound Damper: STP Gold+STPLiquidator

Warehouse: Mobiltronik Surabaya
Owner: Mr. Bonny Djupar

toyotainnova-mobiltroniksurabaya-tropy-buritan

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *