Select Page

MODIFIKASI AUDIO MOBIL TOYOTA AVANZA: ‘3 SISTEM AUDIO MOBIL JADI SATU’

MODIFIKASI AUDIO MOBIL TOYOTA AVANZA: ‘3 SISTEM AUDIO MOBIL JADI SATU’

Modifikasi Sistem Audio Mobil Kali Ini Ingin Mewakili Keseluruhan Sistem Yang Ada, ‘3 Sistem Audio Mobil Jadi Satu’.

Cianjur, Soundandmachine.com Modifikasi audio mobil pada Toyota Avanza kali ini terbilang istimewa, pasalnya 3 sistem audio mobil mampu terwaliki, seperti sound quality, sound quality loud, dan juga sound pressure level. Mr.Marzam selaku pemilik dari kendaraan Toyota Avanza ini mengaplikasikan keinginannya pada modifikasi audio mobilnya pada Vins Variasi & Car Audio, yang berada dibilangan Jl. K.H Abdullah Bin Nuh No.72, Cianjur, Jawa Barat.

toyotaavanza-vinsvariasidanaudiomobil-cianjur-posebagianbelakang

Tahap Awal Modifikasi

Sebelum merambah pada keseluruhan sistem yang teraplikasi pada dalam kabin Avanza, peredaman yang digunakan pun menjadi treatment awal tuning kabin agar lebih maksimal. Peredaman digunakan kesemua sektor, seperti doortrim, plafon, lantai, sampai pada sektor firewall atau batas antara kabin dan ruang mesin. Penggunaan peredaman semua disama ratakan sebanyak 2 lapis Diablo Matt.


Karena modifikasi sistem audio mobil dalam kabin Avanza ini mengusung beragam sistem, seperti SQ, SQL, dan SPL maka pilihan source jatuh pada lebelan Alpine dengan seri CDE-164EBT. Selain itu, penggunaan perangkat processor Venom Pandora VPR1 MK2 sebanyak 2 unit sebagai pemberi warna suara yang lebih bagus dan optimal dari perangkat yang teraplikasi didepan dan bagian belakang kabin Avanza Mr. Marzaman.

Depan SQ

Untuk mendapatkan lantunan tata panggung yang apik dalam sistem SQ pada bagian depan Avanza, Elfin mensiasatinya dengan membuatkan pilar A custom 3 way. Kombinasi dari lebelan Mercury R62 dan Venom Intelligent 3M menjadi salah satu kunci Elfin mengaplikasikan sistem 3 Way dalam kabin depan mobil tunggangan Mr. Marzaman.


Angle yang diberikan pada tweeter dan midrange pada pilar A ini dibuatkan Elfin mengarah off-axis pada kabin Avanza. “Arahan tweeter dan midrange di pilar Saya buatkan mengarah ke tengah kabin, tujuannya meratakan suara yang dihasilkan oleh speakernya,” ungkap Elfin selaku installer asal Cianjur.


Sementara, midbass juga mengalami treatmet dengan membalutkan peredaman yang cukup optimal agar kinerjanya bisa lebih maksimal. Karena bagian depan kabin ini mengusung konsep SQ, maka salah satu processor dari Venom Pandora VPR1 MK2 ditugaskan untuk memberikan warna dalam memberikan warna dalam suara SQ.

Buritan Konsep SQL

Bicara pada bagian buritan kabin Avanza ini kental sekali nuansa SQL yang memang di design selayaknya mobil yang siap showoff. Jajaran perangkat penyuara aftermarket pun terjejali pada buritan kabin Avanza, seperti Venom VX4HT sebanyak 1 set, Venom VX6BII sebanyak 2 set, serta sepasang subwoofer Venom VX6012.


Selain, perangkat penyuara yang teraplikasi pada buritan kabin Avanza penyuplai pembagian tenaga untuk masing-masing perangkat peyuara juga menjadi perhatian dari Elfin yaitu penggunaan amplifier. Empat amplifier pun menjadi andalan penyuplai tenaga bagi seluruh perangkat penyuara yang teraplikasi.


Tiga amplifier Venom VT475 bertugas memberikan tenaga bagi speaker bagian depan dan juga belakang kabin Avanza. Sedangkan, satu unit amplifier Venom Intelligent VI5000 guna mengoptimalkan dua unit subwoofer 12 inch.

toyotaavanza-vinsvariasidanaudiomobil-cianjur-centerspeakervenombelakang
Low frequency yang dihasilkan serta untuk mengoptimalkan pencarian dB yang maksimum, Elfin mensiasatinya dengan menggunakan 2 unit subwoofer Venom VX6012. Boks yang menjadi tempat bersarangnya 2 unit subwoofer ini dibuatkan berjenis ported. “Untuk ukuran boks Saya sih sudah riset, sampai Saya dapetin ukuran boks yang sangat-sangat ideal untuk mengoptimalkan dB,” ungkap Elfin pada tim soundandmachine.com. Diameter ported yang ada pada boks, Elfin membuatkan ukuran 8 inch.

toyotaavanza-vinsvariasidanaudiomobil-cianjur-sqlkonsep

Spesifikasi:
• Head Unit: Alpine CDE-164EBT • Processor: Venom Pandora VPR1 MK2 (2 Unit) • Pre-Amp: Sound Stream MPQ-6XO (1 Unit) • Front Speaker: o Mercury R62 (Tweeter dan Midbass 1 Set) o Venom Intelligent 3M (Midrange 1 Set) • Rear Speaker: o Venom VX4HT (1 Set) o Venom VX6BII (2 Set) • Amplifier: o Venom VT475 (3 Unit) o Venom Intelligent VI5000 (1 Unit) • Subwoofer: Venom VX6012 (2 Unit) • Wiring: o Speaker Flux o Subwoofer Venom 8AWG o Stroom Venom 4AWG • Sound Damping: Diablo Mat (full)

Owner: Mr. Marzaman
Workshop: Vins Variasi and Car Audio

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *