Select Page

MODIFIKASI AUDIO MOBIL MITSUBISHI OUTLANDER: ‘SOUND QUALITY RAGAM MEREK MENJADI HARMONIS BUAHKAN PRESTASI’

MODIFIKASI AUDIO MOBIL MITSUBISHI OUTLANDER: ‘SOUND QUALITY RAGAM MEREK MENJADI HARMONIS BUAHKAN PRESTASI’

Jakarta, Soundandmachine.com Memiliki hobi mendengarkan musik pada media kendaraan, seperti dalam mobil menjadi salah satu yang diidamkan oleh Mr. Erick Muksim pada kendaraannya Mitsubishi Outlander Sport. Dengan mempercayakan modifikasi audio mobilnya pada workshop Mega Audio, sistem audio mobilnya pun disusupi perangkat aftermarket untuk kontes bergengsi.

mitsubishioutlander-megaaudio-jakarta-johny-dan-erick-muksim
“Yang menarik waktu upgrade audio Outlander Sport ini adalah bagaimana memadukan beberapa perangkat audio yang berbeda merk menjadi harmonis,” tungkas Johny Chandra selaku punggawa workshop Mega Audio yang berada dibilangan Ruko Green Garden Blok A14 No. 50, Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

mitsubishioutlander-megaaudio-jakarta-sideangle-design-cabin
“Tantangan saat mengupgrade audio mobil adalah bagaimana menempatkan semua perangkat audio supaya tetap bisa tertata rapi tetapi tetap bisa terekspose dengan baik dan rapi,” jelas Johny pada tim soundandmachine.com . Langkah awal pun langsung diterapkan oleh Installer dengan perawakan ramah ini pada Outlander tunggangan Mr. Erick Muksim.

mitsubishioutlander-megaaudio-jakarta-design-rear-cabin

Langkah Upgrade Modifikasi Audio Mobil

Sebagai permulaan untuk modifikasi audio mobil dalam Outlander tunggangan Mr. Erick Muksim, Johny mengaplikasikan treatment peredaman pada beberapa sektor dari kabin Outlander. ” Pemasangan peredam STP keseluruh bagian mobil, seperti lantai full, plafon, dan pintu yang masing-masing 2 lapis tujuannya agar menjadi rigid dan solid,” tungkas Johny pada tim soundandmachine.com .

mitsubishioutlander-megaaudio-jakarta-kabin-dalam-outlander
Beralih pada sistem audio mobil khususnya penggunanan perangkat head unit sebagai source pemutar file musik, Johny mengaplikasikan head unit lebelan Clarion HXD 2 yang memang digadang-gadang sangat baik untuk mengaplikasikan sistem sound quality.

mitsubishioutlander-megaaudio-jakarta-head-unit-clarion-hxd2-dan-rux-h800
“Head unit standar diganti dengan memakai merek Clarion HXD2 dengan tujuan agar bisa memberikan suara yang baik dan natural sehingga dapat mengakomodasi kebutuham pemilik mobil dan processor menggunakan Alpine PXA H-800 untuk mendapatkan suara yang maksimal dan pengaturan suara yang detail,” jelas Johny.

mitsubishioutlander-megaaudio-jakarta-processor-alpine-pxa-h800

Komposisi Baik Penyuara Dan Power

Untuk perangkat penyuara dan power yang dibutuhkan dalam sistem audio mobil Outlander ini menjadi perhatian Johny selaku eksekutor. Pasalnya, penyuara yang nantinya digunakan tentu saja berpengaruh pada power yang mumpuni. Oleh karena itu, komposisi yang diracik oleh installer dengan perawakan ramah ini menjadi kunci utama sehingga menorehkan prestasi yang membanggakan.

mitsubishioutlander-megaaudio-jakarta-amplifier-rockford-fosgate-rear-cabin
“Speaker di drive dengan 2 buah power Rockford T600.4 yang mana power T600.4 yang pertama untuk mengangkat tweeter dan midrange dan Power Rockford T600.4 yang kedua di brigde menjadi 2 channel untuk mengangkat midbass dengan pengaturan crossover aktif dari Processor Alpine, sehingga pengaturan x-over, gain dan TA dapat dilakukan secara independent,” terang Johny prihal sistem audio mobil Oulander Mr. Erick Muksim.


Untuk menghasilkan low frekuensi dalam kabin Outlander, satu unit subwoofer Focal 27KX turut dibenamkan dalam buritan kabin. “Boks sealed dengan volume sekitar 23 liter dengan tujuan untuk mendapatkan bass yang dalam dan bersih,” ungkap Johny. Sementara, pada kelistrikan menggunakan BatCap X400 sebanyak 1unit dan Brax 1 farad untuk mendukung kerja amplifier agak bisa tetap maksimal.

mitsubishioutlander-megaaudio-jakarta-amplifier-rockford-fosgate-t1000-1
Alhasil, meski dengan keseluruhan perangkat yang berbeda-beda merek namun dengan sentuhan Johny mampu menorehkan beberapa prestasi membanggakan. Seperti, 1st Runner Up CAN Q Prosumer 120 Juta CAN IIMS 2016, Champion CAN Q Pro 120 Juta CAN GIIAS 2016, dan Champion Entry Unlimited EMMA QR-2 MKG 2016. Selamat yaa..

mitsubishioutlander-megaaudio-jakarta-subwoofer-focal-27kx

Spesifikasi:
• Head Unit: Clarion HXD2 • Processor: Alpine PXA H-800 & RUX C-800 • Front Speaker: o Tweeter Focal Beryllium o Midrange Venture o Midbass Focal Beryllium • Amplifier: o Rockford Fosgate T.600.4 (2 Unit) o Rockford Fosgate T.1000.1 (1 Unit) • Subwoofer: Focal 27KX • Wiring: Flux dan Tchernov Cable • Sound Damping: STP

mitsubishioutlander-megaaudio-jakarta-pose-johny-dan-erick-muksim

Owner: Mr. Erick Muksim
Workshop: Mega Audio

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *